April 22, 2024

Penilaian Pramuka Garuda Pangkalan SMPN 1 Kertanegara

0

Kertanegara – SMPN 1 Kertanegara, sekolah yang selalu memprioritaskan pembinaan kepramukaan, baru-baru ini sukses melaksanakan kegiatan Penilaian Pramuka Garuda Gudep 18.501-18.502. Kegiatan ini adalah salah satu momen penting dalam upaya pembinaan Pramuka di sekolah ini.

Pramuka Garuda Gudep 18.501-18.502 adalah kelompok Pramuka yang memiliki sejarah panjang dalam berkontribusi dalam kegiatan kepramukaan. Mereka terdiri dari siswa-siswa yang memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai kepramukaan. Kegiatan Penilaian Pramuka Garuda Gudep 18.501-18.502 ini dilaksanakan dengan alur yang ketat dan terstruktur. Tim juri yang berpengalaman menilai berbagai aspek dari kemampuan Pramuka, termasuk keterampilan camping, keterampilan pertolongan pertama, pengetahuan alam, dan kemampuan kepemimpinan.

Dalam proses penilaian, para Pramuka Garuda Gudep 18.501-18.502 menunjukkan komitmen yang tinggi dan keterampilan yang luar biasa. Mereka berhasil melewati serangkaian ujian dan tantangan dengan baik, menggambarkan dedikasi mereka terhadap gerakan Pramuka.

Kepala SMPN 1 Kertanegara, Ibu Kurniah, S.Pd., mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi Pramuka Garuda Gudep 18.501-18.502. Ia menyatakan, “Pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang sangat kami dukung di SMPN 1 Kertanegara. Mereka tidak hanya mengembangkan keterampilan fisik, tetapi juga karakter dan kepemimpinan. Penilaian ini adalah salah satu cara kami untuk menghargai kerja keras mereka dan mendorong semangat kepramukaan di kalangan siswa kami.”

Siswa SMP yang tertarik untuk mencapai prestasi sebagai Pramuka Penggalang Garuda harus memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan. Salah satunya adalah menjadi teladan baik dalam pasukan penggalang di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar sesuai dengan Trisatya dan Dasadarma. Berikut nama peserta siswa tersebut:

  1. Fadila Melani (8C)
  2. Ghisela Nuraini (8E)
  3. Mutiara Rahmadhani (8E)
  4. Cindy Nur (8C)
  5. Dian Nur (8B)
  6. Connie Emillie (8B)
  7. Sinta Ramadani (8A)
  8. Yoga Pratama (8A)
  9. Nova Pratama (8E)
  10. Nauro Zeta (8D)

Selain itu, mereka juga harus menyelesaikan SKU tingkat rap dan memiliki tanda kecakapan khusus dalam sedikitnya 10 macam bidang. Calon Pramuka Penggalang Garuda juga diharapkan dapat menunjukkan hasta karya buatan sendiri dalam sedikitnya 10 macam dari lima bahan yang berbeda.

Selanjutnya, mereka harus mempertunjukkan kecakapan di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya dan mampu menjalankan salah satu cabang olahraga. Selain itu, mereka harus telah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat.

Proses memenuhi semua syarat ini bukan hanya membangun karakter, tetapi juga menunjukkan dedikasi dan semangat kepramukaan yang tinggi.

Kegiatan Penilaian Pramuka Garuda Gudep 18.501-18.502 dan persyaratan menjadi Pramuka Penggalang Garuda adalah bukti nyata dari semangat dan komitmen SMPN 1 Kertanegara dalam mendukung perkembangan siswa di luar lingkungan kelas. Semoga keberhasilan mereka dan semangat kepramukaan menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan Pramuka dan terus mengembangkan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *