April 22, 2024

Peringatan Hari Pahlawan: Pahlawanku, Teladanku

0

Upacara peringatan Hari Pahlawan (foto: Restu)

Kertanegara (10/11) Setelah Proklamasi Kemerdekaan, situasi Indonesia belum stabil. Indonesia masih bergejolak, terutama antara rakyat dan tentara asing. Salah satunya di Surabaya, Jawa Timur. Peristiwa tersebut dikenal sebagai Hari Pahlawan.

Setiap 10 November, negara kita tercinta memperingati Hari Pahlawan. 10 November juga dikenal sebagai Pertempuran Surabaya dan tercatat sebagai salah satu peristiwa penting dalam sejarah Republik Indonesia (RI), karena pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar pasca kemerdekaan.

SMP Negeri 1 Kertanegara memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 November 2022 dengan melaksanakan upacara bendera. Petugas upacara adalah OSIS dengan Pembina upacara adalah Kepala Sekolah, Ibu Kurniah, S.Pd.

Dalam amanatnya, kepala sekolah menekankan bahwa “Kita sebagai generasi penerus bangsa harus selalu melaksanakan tanggung jawab yang diberikan kepada kita seberapapun kecilnya tanggung jawab tersebut, karena itu adalah wujud kita peduli kepada negara sesuai tugas dan fungsi kita masing-masing.”

Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan diharapkan bisa menginspirasi dan memotivasi guru dan siswa untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.

Selanjutnya, Kepala Sekolah juga menjelaskan Hari Pahlawan adalah simbol bahwa perjuangan meraih kesuksesan tidak selesai walaupun kesuksesan itu telah diraih, perjuangan harus tetap dilakukan, dipertahankan semangatnya.

Beliau berpesan, pahlawan sekarang adalah orang yang selalu berbuat baik, maka berbuat baiklah kapanpun dan dimanapun.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *