Juli 21, 2024

Classmeeting: Gelar Penanaman Pohon dan Kampanye Lingkungan

0

Kertanegara, 14 Juni 2024 – Dalam rangkaian kegiatan classmeeting setelah pelaksanaan Asesmen Akhir Tahun Pelajaran 2023/2024 dan menjelang penerimaan rapor, SMPN 1 Kertanegara menggelar aksi peduli lingkungan dengan melakukan kegiatan penanaman pohon di desa sekitar sekolah. Acara yang berlangsung pada hari Jumat (14/6) ini melibatkan seluruh siswa, guru, serta staf sekolah, dan mendapat dukungan penuh dari warga desa setempat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Adiwiyata, yang bertujuan untuk menciptakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Penanaman pohon dilakukan di dua lokasi strategis, yaitu di sekitar lapangan Desa Maribaya dan lapangan Dusun Picung Desa Krangean, yang memerlukan penghijauan. Kegiatan ini juga melibatkan kader Adiwiyata, yang merupakan siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara yang aktif dalam program lingkungan sekolah.

Kepala SMPN 1 Kertanegara, Ibu Kurniah, S.Pd., dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan sejak dini. “Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswi dapat belajar tentang pentingnya peran pohon dalam menjaga ekosistem dan kualitas udara. Selain itu, ini juga sebagai wujud kontribusi nyata sekolah dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ujar beliau.

Selain penanaman pohon, kegiatan ini juga disertai dengan kampanye tentang pentingnya menanam pohon. Kampanye tersebut meliputi berbagai kegiatan edukatif seperti penyuluhan tentang manfaat pohon, cara menanam dan merawat pohon, serta peran generasi muda dalam menjaga lingkungan.

Para siswa tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan didampingi oleh para guru serta warga desa. Salah satu siswa kelas 8, Rina, mengungkapkan kebahagiaannya bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Saya senang bisa ikut menanam pohon. Ini pengalaman yang berharga karena saya jadi lebih mengerti pentingnya pohon bagi lingkungan kita,” katanya.

Sementara itu, salah satu perangkat Desa Maribaya, Bapak Singgih Ramadhan, mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh SMPN 1 Kertanegara. “Kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat bagi desa kami. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan semakin mempererat hubungan antara sekolah dan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk turut serta dalam menjaga dan melestarikan alam. Penanaman pohon ini juga menjadi simbol harapan agar generasi muda semakin peduli dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan di masa depan.

Galeri Kegiatan

Gambar WhatsApp 2024-06-14 pukul 09.48.09_2f689849
Gambar WhatsApp 2024-06-14 pukul 09.48.09_9f343f53
Gambar WhatsApp 2024-06-14 pukul 09.48.10_a8777604
Gambar WhatsApp 2024-06-14 pukul 09.48.11_26311b30
Screenshot_4
Screenshot_3
kampanye-tanam-pohon
Screenshot_2-1
previous arrow
next arrow
M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *