Juli 21, 2024

Deklarasi Sekolah Bersinar di SMPN 1 Kertanegara: Langkah Awal Menuju Lingkungan Pendidikan Sehat

0

SMPN 1 Kertanegara dan BNN Kabupaten Purbalingga Deklarasikan Sekolah Bersinar

Purbalingga – Dalam sebuah langkah progresif untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat dan bebas dari narkoba, SMPN 1 Kertanegara secara resmi mencanangkan program Sekolah Bersinar (Bersih dari Narkoba). Acara deklarasi ini berlangsung meriah pada hari Jumat, 21 Juni 2024, di halaman sekolah dengan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk siswa, guru, staf, serta perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Purbalingga.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd., yang menekankan pentingnya upaya kolektif dalam menjaga generasi muda dari bahaya narkoba. “Sekolah Bersinar adalah komitmen kami untuk memastikan setiap siswa mendapatkan lingkungan belajar yang aman dan bebas dari pengaruh negatif narkoba,” ungkap Kurniah. Ia juga menyampaikan harapan besar agar program ini dapat terus berjalan secara berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain di Purbalingga.

Salah satu momen penting dalam acara ini adalah penandatanganan kesepakatan antara SMPN 1 Kertanegara dan BNN Kabupaten Purbalingga. Penandatanganan ini diwakili oleh Kurniah, S.Pd. dan Tarsito, S.Sos., Penyuluh Narkoba Ahli Muda dari BNNK Purbalingga. Kesepakatan ini mencakup berbagai program pencegahan dan penyuluhan narkoba yang akan dilaksanakan secara rutin di sekolah.

Sebagai bagian dari deklarasi, Tarsito, S.Sos., menyampaikan materi penyuluhan kepada siswa dan warga sekolah. Dalam penyampaiannya, Tarsito mengingatkan para siswa tentang dampak buruk narkoba yang dapat merusak masa depan mereka. “Jangan mau lebih tua dari usianya,” pesan Tarsito, mengajak siswa untuk menjauhi narkoba dan menjaga kesehatan serta masa depan mereka dengan baik. Ia juga menekankan pentingnya peran aktif seluruh komponen sekolah dalam mencegah penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh seluruh warga sekolah. Para guru dan staf sekolah menunjukkan dukungan penuh terhadap program ini dengan turut serta dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan sepanjang hari. Selain penyuluhan, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan edukatif seperti lomba poster anti-narkoba, pameran buku tentang bahaya narkoba, dan penampilan seni yang bertemakan anti-narkoba.

Kepala BNN Kabupaten Purbalingga, melalui sambutannya yang disampaikan oleh perwakilannya, menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif SMPN 1 Kertanegara. “Kami sangat mengapresiasi komitmen SMPN 1 Kertanegara dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dari narkoba. Semoga langkah ini dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain,” katanya.

Dengan adanya deklarasi Sekolah Bersinar ini, SMPN 1 Kertanegara bertekad untuk terus menggalakkan program-program yang mendukung kesehatan dan keselamatan siswa dari pengaruh buruk narkoba. Diharapkan, melalui upaya ini, para siswa dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang positif dan produktif, serta terhindar dari ancaman narkoba yang dapat merusak masa depan mereka.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *