April 22, 2024

Edukasi Gizi yang Seru dan Menyenangkan dengan Program Aksi Bergizi di SMP Negeri 1 Kertanegara

0

Serunya kegiatan #Aksibergizi di SMP Negeri 1 Kertanegara

Kertanegara (09/02) – Puskesmas Karangtengah Kecamatan Kertanegara melaksanakan kegiatan Aksi Bergizi di SMP Negeri 1 Kertanegara (09/02). Kegiatan ini merupakan gerakan nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang bertujuan untuk menyadarkan siswa dan warga sekolah akan pentingnya memperhatikan asupan gizi.

#AksiBergizi dilaksanakan dengan tiga kegiatan, yaitu (1) Sarapan dan Minum TTD bersama di sekolah; (2) Edukasi gizi dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik; serta (3) Komunikasi untuk perubahan perilaku. Kegiatan ini sejalan dengan TRIAS UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat.

Latih Fisik dengan Senam pada Acara #AksiBergizi di Sekolah (foto: Anan)

Gerakan #AksiBergizi menjadi salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi TTD pada remaja putri yang juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting.

Rangkaian acara #AksiBergizi dari Puskesmas Karangtengah di SMP Negeri 1 Kertanegara terdiri dari senam bersama, sarapan pagi bersama, minum TTD, dan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta dilanjutkan dengan sesi edukasi melalui permainan interaktif. Rangkaian tersebut tentunya tidak berhenti pada hari itu saja, tetapi diharapkan dapat berjalan rutin.

Dengan terselenggaranya kegiatan Gerakan Nasional Aksi Bergizi ini, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran sejak dini kepada masyarakat, khususnya para peserta mengenai pentingnya menjalankan perilaku hidup sehat dan minum tablet tambah darah.

Ayo dukung #AksiBergizi karena #CegahStuntingItuPenting dan #AksiBergiziBikinGlowing

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *