April 14, 2024

Eksplorasi Sains: Siswa SMPN 1 Kertanegara Bersinar dalam Pelatihan Membuat Roket

0

Pemenang dalam pelatihan membuat roket berfot bersama dengan Ketua MGMP IPA Purbalingga

Kertanegara, 14 Desember 2023 – Antusiasme siswa SMPN 1 Kertanegara terlihat jelas saat mereka berpartisipasi dalam Pelatihan Membuat Roket yang diselenggarakan oleh MGMP IPA SMP Kabupaten Purbalingga. Acara ini bukan hanya sebagai ajang persaingan, tapi juga sebagai kesempatan bagi siswa untuk mendalami keterampilan membuat roket. Kegiatan ini melibatkan puluhan siswa dari berbagai sekolah menengah pertama di Kabupaten Purbalingga.

Salah satu peserta yang berhasil mencuri perhatian adalah Andhita Nur Fajrina, Mutiara Rahmadhani, dan Dwi Fahresa, siswa-siswi SMPN 1 Kertanegara. Meskipun meraih posisi ketiga dalam kompetisi, prestasi mereka adalah hasil dari dedikasi dan semangat eksplorasi ilmu pengetahuan. Mereka tidak hanya belajar membuat roket secara teknis, tetapi juga menggali pengetahuan tentang sains dan teknologi dengan lebih mendalam. Pelatihan semacam ini bukan hanya tentang meraih juara, melainkan mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang ilmu pengetahuan.

Pelatihan Membuat Roket ini tidak hanya memberikan siswa kesempatan untuk berkompetisi, tetapi juga menjadi wahana pembelajaran yang mendalam. Proses eksplorasi dan pengembangan keterampilan teknis dalam pembuatan roket memberikan dampak positif terhadap pola pikir siswa. Mereka tidak hanya belajar dari buku dan kelas, tetapi mengalami sendiri penerapan ilmu pengetahuan dalam kegiatan nyata.

Pihak MGMP IPA SMP Kabupaten Purbalingga turut berbahagia melihat antusiasme dan semangat belajar siswa selama pelatihan. Kegiatan ini berhasil membuka wawasan mereka tentang potensi diri, menanamkan rasa percaya diri, dan menumbuhkan semangat eksplorasi ilmu pengetahuan.

Ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Purbalingga, Febri Prasetyo Adi, S.Pd.I., memberikan apresiasi atas partisipasi siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara dan seluruh peserta. Seiring berakhirnya pelatihan, para siswa pulang dengan bekal ilmu dan pengalaman berharga. Keberhasilan mereka dalam meraih posisi ketiga adalah hanyalah puncak dari perjalanan panjang eksplorasi ilmu pengetahuan yang mereka raih bersama. Kini, keberhasilan tersebut menjadi inspirasi bagi siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara untuk terus berkembang dan menyongsong ilmu pengetahuan yang lebih dalam.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *