April 22, 2024

Fiky Maulana Yusuf, Raih Prestasi dalam Pidato Bahasa Jawa

0

Fiky Maulana Yusuf, Siswa SMPN 1 Kertanegara, Raih Juara Harapan 3 dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Kabupaten Purbalingga

Purbalingga, 27 Oktober 2023 – Fiky Maulana Yusuf, dari SMPN 1 Kertanegara berhasil meraih prestasi membanggakan dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Kabupaten Purbalingga. Pada cabang lomba Pidato Bahasa Jawa (Sesorah) kategori putra, Fiky Maulana Yusuf mampu menunjukkan kemampuan luar biasa dalam berbicara dan memenangkan Juara Harapan 3.

Festival Tunas Bahasa Ibu adalah kompetisi yang diadakan secara rutin setiap tahun di Kabupaten Purbalingga. merupakan bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar Episode ke-17, yakni Revitalisasi Bahasa Daerah, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Badan Bahasa Kemendikbudristek).

Acara ini bertujuan untuk mendorong pengembangan dan pemeliharaan Bahasa Daerah, salah satunya bahasa Jawa sebagai salah satu warisan budaya yang sangat penting. Dalam kompetisi ini, siswa-siswa dari berbagai sekolah di Kabupaten Purbalingga berlomba dalam berbagai cabang, salah satunya adalah Pidato Bahasa Jawa (Sesorah).

Fiky Maulana Yusuf, siswa dari SMPN 1 Kertanegara, tampil luar biasa dalam kompetisi tersebut. Dengan pidato berjudul “Pitutur Luhur ing Serat Wedhatama,” Fiky mampu menggambarkan betapa pentingnya melestarikan dan menghormati bahasa Jawa sebagai bagian dari identitas budaya lokal seperti yang ada pada teks karya sastra Jawa lama dengan judul Wedhatama.

Kemenangan Fiky Maulana Yusuf di Festival Tunas Bahasa Ibu Kabupaten Purbalingga adalah hasil dari kerja kerasnya dan dukungan dari guru-guru serta orang tua. Ia juga telah berlatih keras selama berbulan-bulan untuk mempersiapkan diri dalam kompetisi tersebut.

Fiky Maulana Yusuf sangat bersyukur atas pencapaiannya ini dan berharap prestasinya dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lainnya di Kabupaten Purbalingga. Ia mengatakan, “Saya sangat senang bisa meraih Juara Harapan 3 dalam kompetisi ini. Ini adalah bukti bahwa dengan kerja keras dan tekad yang kuat, kita bisa mencapai hal-hal besar. Saya ingin mengajak teman-teman sebaya saya untuk terus berusaha dan melestarikan bahasa dan budaya Jawa.”

Prestasi Fiky Maulana Yusuf dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Kabupaten Purbalingga adalah bukti bahwa siswa-siswa di daerah ini memiliki potensi besar dalam bidang bahasa dan budaya. Ini juga menunjukkan betapa pentingnya melestarikan dan menghormati bahasa dan budaya lokal sebagai bagian dari identitas kita. Kami bangga dengan pencapaian Fiky Maulana Yusuf dan berharap dia terus menginspirasi generasi muda lainnya dalam menjaga warisan budaya kita.

Kami sangat bangga dengan prestasi gemilang yang diraih oleh Fiky Maulana Yusuf, siswa SMPN 1 Kertanegara, dalam Festival Tunas Bahasa Ibu Kabupaten Purbalingga. Semoga keberhasilan ini menginspirasi banyak siswa lainnya di Kabupaten Purbalingga untuk mengejar prestasi dan melestarikan bahasa dan budaya Jawa. Kami yakin Fiky memiliki potensi besar di masa depan, dan kami berharap dia terus memberikan kontribusi positif dalam menjaga warisan budaya kita. Selamat atas pencapaianmu, Fiky Maulana Yusuf, dan semoga sukses selalu dalam perjalanan pendidikanmu ke depan!

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *