April 22, 2024

Gairahkan Budaya Literasi, SMP Negeri 1 Kertanegara Luncurkan 2 Antologi Cerpen & 1 Antologi Puisi Karya Siswa

0

Sampul buku karya siswa dan guru SMP Negeri 1 Kertanegara (foto: muhalisofi)

Kertanegara (02/11) – Menulis adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi siapapun. Dengan menulis, kita dapat menuangkan kreativitas, melatih otak dan nalar untuk selalu berputar, dan mendapatkan sebuah kenyamanan.

Syarat menulis pun mudah, ada lima, yaitu; menulis, menulis, menulis, menulis, dan menulis. Helvy Tiana Rosa mengatakan bahwa “ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarang tak mati, ia baru saja memperpanjang umurnya”. 

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Pramoedya Ananta Toer

Sejalan dengan hal tersebut, SMP Negeri 1 Kertanegara menggalakkan budaya literasi yang salah satunya yaitu membuat cerpen dan puisi. Tidak hanya membuat, karya-karya siswa tersebut kemudian diterbitkan dalam bentuk antologi. Buku-buku tersebut diluncurkan pada 02 November 2022 bersamaan dengan kunjungan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga ke Perpustakaan Lebah SMP Negeri 1 Kertanegara.

Antologi Puisi karya siswa berjudul antologi cerpen “Goresan Pena” dan “Menggapai Asa” juga antologi puisi “Sang Penerangku”.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *