April 14, 2024

Generasi Muda Berdaya! Siswa SMPN 1 Kertanegara Terlibat Aktif dalam Sosialisasi Anti-Narkotika

0

Penjelasan dari BNNK Purbalingga kepada siswa SMPN 1 Kertanegara (foto: Sapto)

Kertanegara, 21 Juni 2023 – Sosialisasi anti-narkotika yang diadakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Purbalingga (BNNK Purbalingga) di SMPN 1 Kertanegara pada tanggal 21 Juni 2023 berhasil menarik perhatian siswa kelas 7 dan 8. Peserta yang antusias juga aktif bertanya dalam acara tersebut, mencerminkan tingginya tingkat kepedulian mereka terhadap masalah narkotika.

Acara sosialisasi diawali dengan presentasi oleh pemateri yang kompeten dalam bidang pencegahan penyalahgunaan narkotika. Asni Setyasih, Rachmanto Purbowo S., dan Fifi Fitriana, merupakan narasumber yang memberikan informasi yang relevan dan berguna kepada siswa-siswi SMPN 1 Kertanegara.

Selama sesi presentasi, siswa-siswi tampak antusias dan terlibat secara aktif dengan bertanya kepada pemateri. Mereka menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi terkait dengan bahaya narkotika, tanda-tanda penggunaan, serta cara untuk menjauhinya. Setiap pertanyaan dijawab dengan jelas dan berbagai contoh yang mudah dipahami, sehingga siswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang masalah ini.

Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh siswa termasuk, “Apa saja dampak jangka panjang penggunaan narkotika?” dan “Bagaimana cara mengenali tanda-tanda seseorang yang sedang menggunakan narkotika?” Pemateri dengan sabar menjelaskan secara terperinci dan memberikan contoh konkret agar siswa dapat memahami dengan baik.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd., mengungkapkan kegembiraannya melihat antusiasme siswa dalam bertanya. Ia menyatakan, “Saya bangga melihat siswa-siswa kami begitu bersemangat dalam mengikuti sosialisasi ini dan bertanya terkait bahaya narkotika. Ini menunjukkan betapa pedulinya mereka terhadap kesehatan dan masa depan mereka sendiri.”

Sosialisasi anti-narkotika yang melibatkan partisipasi aktif siswa dalam sesi tanya jawab ini memberikan manfaat ganda. Selain memperkuat pemahaman siswa tentang bahaya narkotika, juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk berdialog langsung dengan pemateri yang berpengalaman di bidang tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara semakin tergerak untuk terlibat dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika. Dengan pengetahuan yang mereka peroleh dari sosialisasi ini, siswa-siswi diharapkan dapat menjadi pelopor dalam menyebarkan informasi tentang bahaya narkotika dan membantu menciptakan lingkungan yang bebas dari penyalahgunaan narkotika di sekolah dan masyarakat sekitar.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *