Juli 21, 2024

Gotong Royong Bersama di SMPN 1 Kertanegara Sambut Hari Peduli Sampah Nasional

0

SMPN 1 Kertanegara Rayakan HPSN dengan Semangat Gotong Royong dan Inisiatif Bank Sampah

Kertanegara, 23 Februari – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), SMPN 1 Kertanegara menggelar serangkaian kegiatan edukatif dan inspiratif, yang diawali dengan pertunjukan pantun oleh siswa dan guru, serta diikuti dengan aksi gotong royong membersihkan lingkungan sekolah. Tidak hanya itu, sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan terhadap lingkungan, sekolah ini juga memperkenalkan program Bank Sampah kepada seluruh warga sekolah.

Kepala Sekolah, Ibu Kurniah, S.Pd., dalam sambutannya menggarisbawahi pentingnya peringatan HPSN sebagai momen untuk meningkatkan kesadaran tentang pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. “Kegiatan hari ini adalah representasi dari komitmen kita bersama untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Melalui program Bank Sampah, kita lanjutkan upaya ini dengan mengajak siswa untuk lebih aktif dalam pengelolaan sampah,” ujar Ibu Kurniah.

Program Bank Sampah di SMPN 1 Kertanegara diperkenalkan sebagai tambahan informasi yang strategis pada peringatan HPSN tahun ini. Program ini dirancang untuk mengedukasi siswa dan warga sekolah tentang pentingnya memilah sampah dan manfaat ekonomi dari kegiatan daur ulang. Siswa diajak untuk mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang seperti botol plastik, kertas, dan logam, yang kemudian dapat ditukarkan dengan berbagai insentif menarik.

Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kesadaran siswa tentang nilai ekonomi sampah, tetapi juga menginspirasi mereka untuk berkontribusi secara aktif dalam upaya pelestarian lingkungan. Melalui kegiatan ini, SMPN 1 Kertanegara berharap dapat membentuk karakter siswa yang peduli lingkungan dan mempersiapkan mereka menjadi agen perubahan yang positif di masyarakat.

Peringatan HPSN di SMPN 1 Kertanegara menandai langkah penting dalam upaya sekolah untuk mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam kegiatan sehari-hari. Dengan dukungan penuh dari seluruh komponen sekolah, program Bank Sampah diharapkan tidak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan sekolah, tetapi juga memberikan pelajaran berharga bagi siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *