April 22, 2024

Hari Guru Nasional: Berinovasi Mendidik Generasi

0

Upacara HGN 2022

SMP Negeri 1 Kertanegara melaksanakan kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2022. Upacara ini bertujuan untuk menghormati peran dan jasa-jasa guru di Indonesia. Guru sebagai pendidik menjadi bagian penting dalam pembangunan masyarakat Indonesia.

Guru juga menjadi tonggak utama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena itulah guru sangat layak disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Dalam amanatnya, Kepala SMP Negeri 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd. berpesan,
“Kita sebagai murid harus menghormati tiga orang tua, yaitu orang tua yang melahirkan kita, orang tua yang mendidik kita seperti kiyai, guru, dan ustadz dan orang tua yang menikahkan kita.”

Kurniah, S.Pd menambahkan, “tidak semua guru hebat, tetapi semua orang HEBAT lahir dari tangan GURU.”

Beliau juga mengingatkan seluruh guru SMP Negeri 1 Kertanegara bahwa dalam perkembangan zaman seperti sekarang ini guru harus berlapang dada dan siap mengikuti segala perubahan yang ada. Perubahan tersebut harus dilaksanakan karena Profil Guru Indonesia masa depan harus memiliki karakter:

  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
  • Mandiri
  • Bernalar kritis
  • Kreatif
  • Gotong royong/kolaboratif
  • Berkebinekaan global

Kegiatan literasi Kreasi Siswa

Selain upacara, SMP Negeri 1 Kertanegara juga membuat kegiatan kreasi siswa dalam memperingati HGN 2022. Kreasi siswa tersebut berupa karya tulisan atau gambar yang berisi ucapan terima kasih dan penghormatan kepada guru yang telah mendidik kita.

Kedepannya karya siswa tersebut akan dipublikasikan dalam bentuk buku.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *