Juli 21, 2024

Hijrah Menuju Kebaikan: SMPN 1 Kertanegara Peringati Tahun Baru Islam dengan Semangat Inspiratif

0

Kertanegara, 28 Juli 2023 – Suasana penuh hikmah dan kehangatan melingkupi SMPN 1 Kertanegara dalam peringatan Tahun Baru Hijriyah. Pada 28 Juli 2023, sekolah ini merayakan momen bersejarah ini dengan berbagai kegiatan yang sarat makna. Peringatan tersebut tidak hanya diisi dengan kegiatan religius dan tausiah dari Ustadz Achmad Prayitno, S.Pd.I., M.Pd., yang berasal dari Kaligondang, tetapi juga dengan kepedulian sosial yang luhur dengan menyelenggarakan santunan bagi siswa yatim, piatu, dan yatim piatu.

Acara dimulai dengan bacaan suci Al-Quran yang indah dari siswa berprestasi, Nabila Dafi. Kehadiran siswa yang berbakat ini menambah kemuliaan peringatan tahun baru Islam di sekolah tersebut. Setelah itu, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Tubaji, S.Pd.I., memberikan sambutan dan membacakan shalawat sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd., dengan penuh kehangatan, menyampaikan sambutannya yang menginspirasi. Beliau mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran seluruh siswa dan staf dalam peringatan tahun baru Islam ini. Kurniah juga menegaskan makna hijrah dalam kata “hijriyah” yang mengajarkan tentang perubahan dan perbaikan diri sebagai langkah awal dalam menyongsong tahun baru.

“Dalam momen yang istimewa ini, mari kita merenungkan makna hijrah dan bermuhasabah diri untuk menjadi lebih baik lagi dalam segala aspek kehidupan. Saya berharap semangat hijrah ini akan membawa kita semua menuju perubahan positif dan penuh berkah di tahun yang baru,” ujar Kepala Sekolah Kurniah dengan penuh semangat.

Tausiah kemudian disampaikan oleh Ustadz Achmad Prayitno, S.Pd.I., M.Pd., yang menekankan pentingnya memahami bulan Muharram sebagai awal perhitungan bulan hijriyah. “Bulan hijriyah yang ada dua belas bulan diawali bulan Muharam, bulan yang penuh berkah dan kemuliaan. Di dalamnya terdapat peristiwa penting, termasuk diterimanya taubat Nabi Adam AS setelah diturunkan dari surga, serta diturunkannya Nabi Nuh AS dari kapal setelah banjir bandang yang menghanyutkan banyak makhluk,” jelas Ustadz Achmad Prayitno.

Beliau juga mengingatkan tentang pentingnya mengamalkan sunnah di tanggal 10 Muharram, yaitu berpuasa di hari Asyura, melakukan sholat sunah empat rakaat dengan dua salam dan membaca 51 surah Al-Ikhlas di setiap rokaatnya. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya bersilaturahmi, menziarahi orang alim, mengunjungi orang sakit, mandi, mengusap rambut anak yatim, dan bersedekah sebagai amalan kesunahan di bulan yang mulia ini.

Santunan yatim

Sejalan dengan semangat tausiah tersebut, kegiatan santunan yang diadakan oleh SMPN 1 Kertanegara menjadi wujud nyata dari semangat berbagi dan kepedulian sosial. Para siswa yatim, piatu, dan yatim piatu dengan senang hati menerima bantuan tersebut, dan semangat belajar mereka semakin bersemangat.

“Kegiatan santunan ini adalah bentuk nyata kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga bantuan ini dapat memberikan kebahagiaan bagi mereka dan meringankan beban yang mereka hadapi,” tambah Kepala Sekolah Kurniah.

Perayaan Tahun Baru Hijriyah di SMPN 1 Kertanegara menjadi momentum berharga untuk memperkuat rasa persaudaraan dan semangat kepedulian sosial. Semoga semangat hijrah dan semangat berbagi yang dihadirkan dalam peringatan tahun baru Islam ini tetap terjaga dalam hati seluruh warga sekolah.

Semoga semangat hijrah dan semangat berbagi yang dihadirkan dalam peringatan tahun baru Islam ini tetap terjaga dalam hati seluruh warga sekolah, sehingga setiap langkah ke depan menuju kebaikan dan ketaqwaan semakin terang dan penuh makna.

Acara peringatan tahun baru Hijriyah ini menimbulkan kesan mendalam bagi seluruh peserta. Para siswa merasa terinspirasi dan bersemangat untuk lebih aktif dalam berbuat kebaikan dan memberi manfaat bagi sesama. Selain itu, kegiatan santunan juga memberikan pelajaran berharga tentang arti berbagi dan berempati kepada yang membutuhkan, yang akan selalu diingat dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami merasa sangat terharu dengan peringatan tahun baru Hijriyah kali ini. Selain mendapatkan ilmu agama dari tausiah Ustadz Achmad Prayitno, kami juga diajak untuk berbuat kebaikan melalui santunan ini. Semoga semangat berbagi ini terus berlanjut dan menjadi bagian dari karakter kami sebagai siswa SMPN 1 Kertanegara,” ucap Dian, salah satu siswa di sekolah tersebut.

Kepedulian sosial yang ditunjukkan oleh SMPN 1 Kertanegara melalui kegiatan santunan ini pun menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya. Semangat berbagi dan kepedulian terhadap sesama menjadi nilai luhur yang patut diapresiasi dan diaplikasikan dalam lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

Perayaan Tahun Baru Hijriyah di SMPN 1 Kertanegara berhasil menciptakan momen yang tak terlupakan. Semoga semangat hijrah, semangat berbagi, dan semangat kepedulian sosial terus terjaga dalam setiap langkah kehidupan seluruh warga sekolah. Dengan begitu, tahun-tahun berikutnya akan selalu diawali dengan semangat baru yang penuh berkah dan memberi inspirasi bagi kita semua. Mari bersama-sama mengisi setiap detik kehidupan dengan kebaikan dan menciptakan dunia yang lebih indah, bermakna, dan penuh kasih sayang.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *