April 22, 2024

IHT SMPN 1 Kertanegara: Mengatasi Tantangan Kurikulum Merdeka

0

Kertanegara, 27 September 2023 – SMPN 1 Kertanegara menggelar In-House Training (IHT) yang berfokus pada implementasi Kurikulum Merdeka dengan penuh semangat. Para guru telah sukses mengatasi berbagai tantangan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan memfokuskan pada tiga materi utama: pengelolaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), penerapan disiplin positif, dan pembelajaran berbasis literasi dan numerasi.

Selama tiga hari, para peserta aktif terlibat dalam berbagai sesi diskusi, pelatihan, dan workshop yang dipimpin oleh Aris Munandar, S.Pd., M.Pd.. Berikut adalah beberapa poin utama yang dibahas selama kegiatan IHT:

  1. Pengelolaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila): Guru-guru di SMPN 1 Kertanegara berkomitmen untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek pembelajaran. Mereka telah merancang metode yang kreatif untuk membantu siswa memahami dan menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari. Studi kasus konkret tentang bagaimana mencapai ini menjadi bagian penting dari IHT.
  2. Penerapan Disiplin Positif: Salah satu fokus penting adalah menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung perkembangan karakter siswa. Guru-guru telah mendiskusikan berbagai pendekatan dalam penerapan disiplin positif. Mereka telah berbagi pengalaman mengenai situasi di mana siswa melanggar aturan sekolah dan bagaimana mereka dapat menghadapinya dengan pendekatan yang lebih konstruktif.
  3. Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi: Guru-guru di SMPN 1 Kertanegara telah mengejar integrasi literasi (kemampuan membaca dan menulis) serta numerasi (kemampuan matematika) dalam mata pelajaran yang biasanya tidak berfokus pada kedua keterampilan tersebut. Ini adalah tantangan besar, tetapi dengan kerja keras, mereka telah berhasil menciptakan pengalaman belajar yang holistik untuk siswa.

Dalam IHT, guru-guru telah mengeksplorasi berbagai studi kasus yang nyata dan mengidentifikasi solusi yang sesuai. Mereka telah belajar dari pengalaman satu sama lain, mengambil inspirasi dari praktik terbaik, dan merumuskan strategi yang inovatif. Dalam proses ini, semangat kolaborasi dan komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan telah menjadi landasan kuat bagi SMPN 1 Kertanegara.

Ibu Kurniah, S.Pd., kepala sekolah SMPN 1 Kertanegara, menyampaikan kebanggaannya atas semangat dan dedikasi guru-guru dalam mengatasi tantangan pendidikan. Dia yakin bahwa pengalaman dan pemahaman yang diperoleh dalam IHT ini akan membantu sekolah terus berkembang dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa. Ibu Kurniah juga berharap agar semangat inovasi yang telah ditemukan dalam IHT dapat segera diimplementasikan dalam pembelajaran sehari-hari, sehingga SMPN 1 Kertanegara dapat menjadi model pendidikan yang dinamis dan berkualitas.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *