Juli 21, 2024

“Ini Dia Serunya Jambore Cabang SMP/MTs Purbalingga 2024”

0

Pembukaan Jambore oleh Kak Tri Gunawan Setyadi

Munjulluhur – 26 Juni 2024, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Purbalingga, Kak Tri Gunawan Setyadi, resmi membuka kegiatan Jambore Cabang SMP/MTs Kwartir Cabang Purbalingga. Dalam sambutannya (dikutip dari pramuka.id), Kak Tri Gun, sapaan akrabnya, menyampaikan, “Banyak hal yang nantinya akan adik-adik dapatkan melalui kegiatan perkemahan ini. Perkemahan menjadi sebuah ajang yang sangat baik untuk melatih adik-adik untuk memiliki karakter yang kuat, fisik yang tangguh, dan menanamkan kemandirian. Serta keterampilan lainnya yang bisa menjadi bekal dalam kehidupan sehari-hari.” ucapnya.

Kegiatan Jambore Cabang ini berlangsung dari tanggal 22 hingga 26 Juni 2024 di Bumi Perkemahan Munjulluhur, Purbalingga. Acara ini diikuti oleh 784 peserta yang terdiri dari 384 penggalang putra dan 400 penggalang putri. Selain itu, terdapat 98 pembina pendamping dan 18 pimpinan kontingen yang turut mendukung kelancaran acara ini.

Para peserta merupakan Pramuka Penggalang SMP/MTs utusan dari Kwartir Ranting se-Kabupaten Purbalingga. Mereka bersemangat mengikuti berbagai kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia.

Selama Jambore Cabang ini, peserta mengikuti berbagai macam kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan keterampilan, wawasan, dan karakter para peserta. Salah satu kegiatan yang menarik perhatian adalah giat handycraft di mana para peserta diajarkan membuat berbagai kerajinan tangan. Selain itu, giat teknologi dan wawasan memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengenal dan memanfaatkan teknologi secara positif.

Prestasi dari Kwartir Ranting Kertanegara

Pangkalan SMPN 1 Kertanegara turut berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai bagian dari Kwartir Ranting (Kwaran) Kertanegara. Kwaran Kertanegara terdiri atas beberapa pangkalan, yaitu Pangkalan SMPN 1 Kertanegara, Pangkalan SMPN 2 Kertanegara, Pangkalan MTs Manbaul Ihsan Al Baedlowi, Pangkalan SMP Muhammadiyah 5 Purbalingga, dan Pangkalan MTs Ma’arif NU 01 Kertanegara.

Kwaran Kertanegara berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Mereka mendapatkan penghargaan Penyaji Terbaik Giat Partisipasi, termasuk penghargaan Penyaji Terbaik 2 Ecoprint Putri, Terbaik 3 Olahan Cooking Putra, dan Terbaik 2 Melukis Putri.

Para peserta menunjukkan antusiasme dan semangat yang tinggi selama mengikuti kegiatan Jambore Cabang ini. Mereka tidak hanya belajar berbagai keterampilan baru, tetapi juga mempererat tali persaudaraan antar sesama Pramuka Penggalang.

“Kami sangat senang bisa ikut serta dalam kegiatan ini. Banyak pengalaman dan teman baru yang kami dapatkan,” ujar Rizqi Subhan, peserta dari Pangkalan SMPN 1 Kertanegara.

Pada hari terakhir, yaitu 26 Juni 2024, kegiatan Jambore Cabang SMP/MTs Kwartir Cabang Purbalingga resmi ditutup. Meskipun kegiatan ini telah berakhir, semangat dan kebersamaan yang terjalin di antara peserta tetap akan terjaga.

“Pengalaman ini sangat berharga. Kami berharap bisa mengikuti kegiatan serupa di masa mendatang,” ujar ka Wanda Lailina Purwaningsih, S.Pd., pembina pendamping dari Pangkalan SMPN 1 Kertanegara.

Penutup

Kegiatan Jambore Cabang ini tidak hanya menjadi ajang berkemah dan bersenang-senang, tetapi juga menjadi wadah untuk membangun karakter, keterampilan, dan kebersamaan di antara para Pramuka Penggalang. Semoga semangat yang tercipta selama Jambore ini dapat terus menyala dalam kehidupan sehari-hari mereka.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *