April 22, 2024

Jago Bisnis! Siswa SMP Negeri 1 Kertanegara Hasilkan Keuntungan dari Berjualan Jajanan di Koperasi Sekolah

0

Suasana ketika Siswa berjualan di Koperasi Siswa

Kertanegara (16/02) – Siswa-siswa dari SMP Negeri 1 Kertanegara sukses menjalankan program latihan kewirausahaan dengan siswa berjualan jajanan di Koperasi DALAS Spensaker. Kegiatan ini dimulai Senin (13/02) pada waktu istirahat jam pelajaran. Program ini melibatkan seluruh kelas di sekolah dan masing-masing kelas mengirimkan dua siswa untuk berjaga di koperasi.

Seluruh siswa SMP Negeri 1 Kertanegara terlibat dalam program ini dan mereka berkontribusi secara berkelompok melalui kelas untuk menjalankan usaha jajanan. Setiap kelas memilih jajanan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pelanggan di lingkungan sekolah.

Salah satu siswa, Nazwa Nur Hanifah, mengatakan bahwa program latihan kewirausahaan ini memberikan pengalaman berharga baginya. Selain belajar mengelola stok dan keuangan, ia juga belajar bekerja sama dalam tim dan berinteraksi dengan pelanggan.

“Kami belajar banyak tentang bagaimana menjalankan bisnis dan membuat produk yang menarik bagi pelanggan. Kami juga belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan dan menjaga hubungan yang baik,” kata Nazwa.

Pengelola Koperasi DALAS Spensaker, Ibu Handayani, mengungkapkan bahwa program ini sangat sukses dan memberikan manfaat bagi siswa. “Kami sangat senang melihat siswa kami belajar dan tumbuh dalam pengalaman kewirausahaan. Kami berharap program ini akan memberikan inspirasi bagi mereka untuk mengejar karir kewirausahaan di masa depan.”

Keuntungan Pengalaman

Dalam waktu satu minggu, seluruh kelas berhasil menjual semua jajanan yang mereka buat dan berhasil meraih keuntungan yang lumayan. Siswa-siswa ini akan menerapkan keterampilan yang mereka pelajari di masa depan dan siap membangun bisnis yang sukses. Koperasi DALAS Spensaker berencana untuk melaksanakan program tersebut setiap harinya dan membuka peluang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan.

Selain mendapatkan pengalaman siswa dalam berjualan, mereka juga belajar untuk membuat laporan keuangan dan menghitung keuntungan yang diperoleh. Program ini diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan dan mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih cerah.

Keberhasilan program ini juga menunjukkan pentingnya pendidikan kewirausahaan di sekolah dan dampak positifnya bagi kemampuan berwirausaha siswa. Dengan mengikuti program ini, siswa menjadi lebih percaya diri dan siap untuk menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *