April 14, 2024

Jiwa Patriotisme, Jiwa Nasionalisme, Jiwaku Pramuka!

0

Dokumentasi Pasca Pelantikan Pramuka Garuda (Foto: Anan)

Purbalingga (10/11) – Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi dalam setiap golongan pramuka, baik golongan Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Sebelum terlantik menjadi seorang Pramuka Garuda, ia harus mampu menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK).

Calon Pramuka Penggalang Garuda tidak hanya harus mampu menyelesaikan SKU dan SKK, ada banyak penilaian lainnya yang harus ditempuh, diantaranya hasta karya, kemampuan penggunaan komputer, kemampuan berbahasa Inggris, karya tulis, dan wawancara. Penilaian Calon Pramuka Penggalang Garuda SMP Negeri 1 Kertanegara melibatkan Pembina, orang tua, tokoh masyarakat, dan Kwarran Kertanegara.

Kelayakan Calon Pramuka Penggalang Garuda ditentukan oleh pihak Kwarran Kertanegara sebagai usulan yang nantinya akan dilantik di Kwarcab Purbalingga. SMP Negeri 1 Kertanegara mengirimkan enam anggota pramuka terbaiknya, yaitu:

  1. Rizki Adian Pratama (8C),
  2. Fiki Maulana Yusuf (8F),
  3. Elmira Auliana Asyifa (8A),
  4. Syifa Afdila (8A),
  5. Lilis Setianingsih (8E), dan
  6. Dede Mera Meliana (8F).

Pramuka Penggalang Garuda SMPN 1 Kertanegara

Pelantikan Pramuka Penggalang Garuda dilaksanakan bersamaan dengan momentum Hari Pahlawan tanggal 10 November 2022. “Setelah kalian dilantik menjadi Pramuka Garuda, harapan kami adalah kalian dapat menanamkan nilai-nilai luhur dari pejuang kusuma bangsa, pejuang pramuka yang telah mendahului kita. Maka jiwa patriotisme, nasionalisme, dan jiwa kebersamaan pada jiwa pramuka kita dapat dijiwai sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka” ucap Ketua Kwarcab Purbalingga, Bapak Tri Gunawan Setyadi, SH., MH. pada sambutannya.

Salam Pramuka!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *