Juli 21, 2024

Karakteristik Kurikulum yang Baik: Menyesuaikan dengan Kebutuhan Siswa dan Zaman

0

MERDEKA BELAJAR

Kertanegara (09/04) – Dalam dunia pendidikan, kurikulum memainkan peran yang sangat penting. Kurikulum dapat dianggap sebagai pusat atau inti dari proses pembelajaran. Namun, apa sebenarnya kurikulum?

Secara umum, kurikulum adalah panduan atau rencana pembelajaran yang digunakan di satuan pendidikan. Hal ini dapat diartikan sebagai titik awal sampai akhir dari pengalaman belajar siswa. Kurikulum memiliki kompleksitas dan dimensi yang beragam, dan dapat dianggap sebagai jantung pendidikan.

Fungsi utama dari kurikulum adalah untuk memandu proses belajar siswa. Menurut Ralph Tyler, ada beberapa komponen yang harus ada dalam kurikulum, seperti tujuan, konten, metode atau cara, dan evaluasi.

Kurikulum perlu diubah sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini, teknologi sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan, sehingga kurikulum harus mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan siswa saat ini.

Kurikulum sangat penting karena dapat membangun kompetensi dan karakteristik siswa. Namun, kurikulum yang baik haruslah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, dan tidak hanya memenuhi kebutuhan siswa saja.

Dalam kesimpulannya, kurikulum adalah hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Kurikulum harus sesuai dengan perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan siswa agar dapat membangun kompetensi dan karakteristik yang sesuai.

Jangan lupa! isi umpan balik mengenai isi video dan artikel di atas dengan menekan tombol UMPAN BALIK di bawah ini

Salam! dan Bahagia!!

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *