Juli 21, 2024

Komitmen Hijau SMPN 1 Kertanegara: Lolos Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah

0

SMPN 1 Kertanegara Lolos Menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Kertanegara, 21 Juni 2024 – Program Adiwiyata adalah inisiatif dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan untuk menciptakan sekolah-sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Program ini tidak hanya fokus pada kebersihan dan penghijauan lingkungan sekolah, tetapi juga mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum. Sekolah yang berhasil meraih predikat Adiwiyata menunjukkan komitmen yang tinggi dalam menjaga kelestarian lingkungan serta membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan.

Manfaat Program Adiwiyata

Manfaat dari program Adiwiyata sangatlah signifikan. Sekolah yang berpartisipasi dalam program ini tidak hanya memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan kepedulian lingkungan di kalangan siswa. Selain itu, lingkungan sekolah yang bersih dan hijau dapat menciptakan suasana belajar yang lebih nyaman dan kondusif, yang pada gilirannya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Program ini juga mendorong partisipasi aktif seluruh warga sekolah, termasuk guru, siswa, dan staf dalam menjaga dan merawat lingkungan.

Sekolah yang telah mengikuti program Adiwiyata paling tidak sudah mulai menyadari arti pentingnya berbudaya lingkungan hidup di sekolah. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang telah menerapkan sistem dengan maksud untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Prestasi SMPN 1 Kertanegara

Dalam konteks ini, SMP Negeri 1 Kertanegara dengan bangga mengumumkan bahwa mereka berhasil lolos menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah. Prestasi ini merupakan buah dari komitmen dan kerja keras seluruh warga sekolah dalam menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, dan sehat.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd., menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian ini. “Ini adalah hasil kerja keras seluruh warga sekolah, mulai dari siswa, guru, hingga staf administrasi. Kami berupaya terus menerus untuk menjaga dan meningkatkan kesadaran lingkungan di sekolah kami,” ungkapnya. Kurniah juga menambahkan bahwa sekolah telah menerapkan berbagai program dan kegiatan ramah lingkungan, seperti penghijauan sekolah, pengelolaan sampah, dan kampanye hemat energi.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta siswa yang sangat antusias dalam setiap kegiatan lingkungan. Mereka secara rutin melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, penanaman pohon, serta lomba-lomba kreativitas daur ulang sampah. Selain itu, SMPN 1 Kertanegara juga aktif bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk dinas lingkungan hidup setempat, untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan sekolah.

Dengan lolosnya SMPN 1 Kertanegara menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi, sekolah ini berharap dapat terus mengembangkan program-program lingkungan hidup yang lebih inovatif dan berkelanjutan. Mereka berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh warga sekolah agar semangat kepedulian terhadap lingkungan semakin mengakar dan menjadi budaya yang kuat di sekolah. Dengan demikian, SMPN 1 Kertanegara tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik, tetapi juga menjadi pionir dalam pelestarian lingkungan di Jawa Tengah.

“Kami berharap, keberhasilan ini dapat menjadi langkah awal bagi kami untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi di tingkat nasional. Kami juga ingin terus menginspirasi warga sekolah untuk semakin peduli terhadap lingkungan dan menjadikan lingkungan sekolah sebagai tempat yang nyaman dan sehat bagi semua,” pungkas Kurniah, S.Pd.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *