April 22, 2024

Kultum Ramadan Siswa SMPN 1 Kertanegara: Membangun Karakter dan Ketakwaan

0

Kertanegara (19/03) – SMPN 1 Kertanegara menyambut bulan suci Ramadan dengan penuh antusiasme dan kegiatan spiritual yang beragam, salah satunya adalah kegiatan kultum (kuliah tujuh menit) yang diadakan di tiap kelas masing-masing sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya sekolah dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa selama bulan Ramadan.

Kepala SMPN 1 Kertanegara, Ibu Kurniah, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman spiritual kepada siswa tentang nilai-nilai kebaikan yang terkandung dalam bulan Ramadan. “Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari bulan suci ini, tidak hanya di sekolah tapi juga dalam kehidupan sehari-hari,” ujar beliau.

Kegiatan kultum ini melibatkan partisipasi aktif dari seluruh siswa. Mereka secara bergantian menjadi pemateri, membawakan berbagai topik seputar Ramadan yang telah ditentukan, seperti keutamaan Ramadan, keutamaan bersedekah, hikmah puasa, keutamaan membaca Al-Quran, manfaat puasa bagi kesehatan, Nuzulul Quran, ciri-ciri orang beriman, zakat fitrah, kejujuran, dan saling memaafkan.

Salah satu siswa, Naqisha Nurul, mengungkapkan perasaannya setelah mengikuti kegiatan kultum. “Saya merasa lebih dekat dengan teman-teman dan guru karena kita bisa berbagi pengetahuan tentang Ramadan. Saya juga jadi lebih paham tentang berbagai hal yang sebelumnya saya anggap biasa saja, seperti pentingnya bersedekah dan manfaat puasa bagi kesehatan,” kata Naqisha.

Kegiatan kultum ini tidak hanya menjadi wadah pembelajaran tentang nilai-nilai Islam selama Ramadan, tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berbicara di depan umum dan kepercayaan diri siswa. Setiap siswa diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh teman-temannya.

Untuk memastikan kegiatan ini berjalan lancar, guru-guru pendamping menyediakan bimbingan dan arahan terkait materi yang akan disampaikan. Ini termasuk cara penyajian yang baik, penggunaan bahasa yang efektif, dan bagaimana menyampaikan pesan moral secara menarik.

Kegiatan ini hanya salah satu dari sekian banyak program yang dirancang oleh SMPN 1 Kertanegara dalam menyambut bulan suci Ramadan. Sekolah juga mengadakan kegiatan lain seperti lomba-lomba bertema ramadan, pesantren berkah, dan kegiatan sosial Bazar Ramadan. Melalui rangkaian kegiatan ini, diharapkan siswa dapat mengalami bulan Ramadan yang penuh makna, mengembangkan karakter positif, dan meningkatkan kepekaan sosial.

Di akhir bulan suci, SMPN 1 Kertanegara berencana untuk mengadakan acara zakat fitrah yang melibatkan seluruh siswa dan guru. Kegiatan ini tidak hanya sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, tetapi juga sebagai pembelajaran bagi siswa tentang pentingnya berbagi dan kebersamaan.

Dengan beragam kegiatan yang diinisiasi selama bulan Ramadan ini, SMPN 1 Kertanegara berharap dapat menanamkan nilai-nilai positif yang akan melekat dalam diri siswa, membentuk karakter yang baik, serta mempersiapkan generasi muda yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *