April 14, 2024

Lilis: Dengan Berliterasi, Liburan Jadi Lebih Asik

0

Kegiatan membaca buku di rumah (foto: Sofi Nur Fasiha)

Kertanegara (19/12) – Ada banyak kegiatan siswa menyongsong libur sekolah dengan lebih baik. Salah satunya dengan membaca buku. Ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Berangkat dari gagasan tersebut, Perpustakaan Lebah SMP Negeri 1 Kertanegara mencanangkan kegiatan literasi di libur sekolah semester gasal ini dengan nama Liburan Berliterasi (Lilis).

Liburan Berliterasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan membaca atau belajar yang dilakukan selama liburan sekolah. Siswa diharap terus belajar atau meningkatkan kemampuan membaca dan menulis selama liburan sekolah.

Liburan Berliterasi dapat sangat bermanfaat bagi siswa, karena membantu mereka terus belajar dan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis selama liburan sekolah. Selain itu, membaca dapat meningkatkan konsentrasi, memperluas wawasan, dan membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari kegiatan Liburan Berliterasi, di antaranya:

  1. Meningkatkan kemampuan membaca: Dengan terus membaca buku atau materi belajar selama liburan, siswa dapat terus meningkatkan kemampuan membacanya. Ini sangat bermanfaat untuk mempersiapkan siswa agar siap menghadapi kelas berikutnya.
  2. Meningkatkan kemampuan menulis: Selain membaca, menulis juga merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan siswa. Kegiatan menulis dapat dilakukan dengan menulis jurnal atau menulis esai tentang apa yang telah dibaca.
  3. Meningkatkan konsentrasi dan kemampuan berpikir kritis: Membaca dan belajar secara terus-menerus dapat membantu siswa meningkatkan konsentrasi dan kemampuan berpikir kritis. Ini akan membantu siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan lebih baik.
  4. Memperluas wawasan: Membaca buku-buku yang beragam dapat membantu siswa memperluas wawasan dan meningkatkan pengetahuan tentang berbagai topik.
  5. Menjaga motivasi belajar: Kegiatan libur berliterasi dapat membantu siswa tetap termotivasi untuk belajar, sehingga mereka dapat terus bersemangat untuk belajar di sekolah.

Dalam kegiatan Lilis ini, siswa membawa pulang koleksi buku Perpustakaan Lebah untuk dibaca di rumah. Pemahaman dari hasil baca siswa kemudian dituliskan dalam sebuah rangkuman dan pendapat terkait isi buku yang mereka baca.

Ayo baca buku selama liburan ini! Temukan buku yang menarik dan menyenangkan untuk dibaca.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *