April 22, 2024

Limbah Pustaka: Siswa SMPN 1 Kertanegara Memperkaya Wawasan Literasi dan Pengelolaan Sampah

0

Desa Muntang Jadi Destinasi Literasi dan Kreativitas Ekonomi

Kemangkon, 12 Desember 2023 – Siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara tak hanya belajar di dalam kelas, namun mereka juga melangkah keluar untuk memperluas wawasan literasi mereka dan mempraktikkan ide kreatif dalam pengelolaan sampah. Kelas 7, 8, dan 9 mengunjungi Limbah Pustaka di Desa Muntang, Kecamatan Kemangkon, sebuah langkah yang mengeksplorasi literasi dan memberikan nilai ekonomi pada pengelolaan sampah.

Limbah Pustaka Muntang, yang dikelola oleh Roro Hendarti, bukan hanya tempat untuk menumbuhkan dan menyalurkan minat baca masyarakt, tetapi juga menjadi lumbung ide kreatif dalam memanfaatkan sampah sebagai sumber daya yang memiliki nilai ekonomi. Roro Hendarti menjelaskan dengan antusias bagaimana mereka mengelola buku-buku dan sekaligus merancang berbagai produk kreatif dari sampah yang dapat dijual kembali kepada masyarakat.

“Siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara tidak hanya diajak untuk membaca buku, tetapi juga terlibat dalam proses kreatif mengolah sampah menjadi produk bernilai ekonomi. Ini adalah langkah kecil untuk memberikan pemahaman bahwa sampah sebenarnya bisa diolah menjadi hal yang bermanfaat,” ujar Roro Hendarti.

Siswa-Siswa SMPN 1 Kertanegara Terlibat Aktif dalam Kreativitas Ekonomi Berkelanjutan

Selama kunjungan, siswa-siswa diajak untuk melihat langsung proses pengelolaan sampah menjadi produk kreatif. Mereka berkesempatan belajar membuat berbagai kerajinan dari bahan-bahan yang umumnya dianggap sebagai sampah, seperti buku-buku yang sudah tidak terpakai. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan keterampilan kreatif mereka, tetapi juga memberikan wawasan tentang potensi ekonomi yang dapat diciptakan dari pengelolaan sampah.

“Ini benar-benar kegiatan yang berbeda. Kami belajar membaca, menciptakan produk kreatif, dan sekaligus menyadari bahwa sampah bisa menjadi sumber nilai ekonomi jika diolah dengan baik,” ujar Wisnu Cheeza Alfaro.

Mendorong Literasi dan Ekonomi Berkelanjutan di Sekolah dan Masyarakat

Guru-guru pendamping menyambut positif langkah siswa-siswa ini dalam menjelajahi literasi dan ekonomi berkelanjutan. “Inisiatif seperti ini sangat positif karena tidak hanya melibatkan siswa dalam literasi, tetapi juga mengajarkan mereka konsep pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Semoga mereka bisa menjadi agen perubahan di masyarakat,” kata Ika Sa’banah, S.Pd.Si.

Kunjungan ini diharapkan dapat menginspirasi siswa-siswa untuk tidak hanya memahami literasi sebagai kegiatan membaca saja, tetapi juga sebagai langkah kreatif dalam mengatasi permasalahan lingkungan seperti pengelolaan sampah. Dengan demikian, siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara membawa pulang lebih dari sekadar buku, mereka membawa pulang pengalaman literasi dan kreativitas ekonomi berkelanjutan yang dapat memberikan dampak positif bagi komunitas mereka. Semoga langkah positif ini juga menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk menjelajahi dan mendukung berbagai inisiatif literasi dan ekonomi berkelanjutan di masa depan.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *