Juli 21, 2024

Lomba Poster Spensaker 2023

0

Kertanegara (27/01) – Isra Mi’raj adalah peristiwa penting dalam agama Islam. Peristiwa tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa dan kemudian ke Sidratul Muntaha. Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW dianugerahi wahyu dari Allah dan diajarkan tentang berbagai masalah agama dan kehidupan. Dalam hal ini, perjalanan Isra Mi’raj menjadi contoh yang baik tentang pentingnya membaca dan mencari ilmu.

Nabi Muhammad SAW selalu berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan ilmunya dengan cara membaca dan mencari ilmu dari berbagai sumber. Hal ini menunjukkan bahwa perjalanan Isra Mi’raj bukan hanya sekadar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual untuk meningkatkan pengetahuan dan ilmu agama.

Berangkat dari ide tersebut, Perpustakaan Lebah SMP Negeri 1 Kertanegara akan menyelenggarakan lomba poster dalam rangka merayakan Isra Mi’raj 1444 Hijriyah. Lomba poster ini mengangkat tema “Aku Gemar Membaca”.

Lomba diberi ini ditujukan untuk siswa dari sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI). Dengan mengangkat tema tersebut, diharapkan dapat meningkatkan minat dan kesadaran tentang pentingnya membaca. Tema ini sangat cocok dengan peristiwa Isra Mi’raj karena Nabi Muhammad SAW adalah contoh yang baik tentang seorang yang gemar membaca dan mencari ilmu.

dapat memberikan beberapa manfaat bagi peserta, diantaranya :

  1. Meningkatkan kreativitas: Peserta dapat mengeksplorasi ide-ide kreatif dan mengaplikasikannya dalam bentuk poster yang menarik.
  2. Memperluas wawasan: Peserta dapat memperluas wawasan mereka tentang pentingnya membaca dan mencari ilmu dalam agama Islam, serta peristiwa penting seperti Isra Mi’raj.
  3. Menambah motivasi: Peserta dapat merasa lebih termotivasi untuk terus membaca dan mencari ilmu, sebagai bagian dari kewajiban umat Muslim yang diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  4. Meningkatkan kepercayaan diri: Lomba akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk menunjukkan kreativitas dan kemampuan mereka, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka.
  5. Menambah kesempatan untuk mendapatkan pengakuan: Peserta yang memenangkan lomba akan mendapatkan pengakuan atas karya mereka dan dapat menjadi motivasi untuk terus belajar dan berkembang.
  6. Memberikan kesempatan untuk belajar dari peserta lain : Melalui lomba ini, peserta dapat belajar dari peserta lain dan menambah ilmu dan pengalaman yang didapat.

Lomba ini diharapkan dapat memberikan dan menghasilkan karya yang menginspirasi kepada siswa lain untuk terus meningkatkan kemampuan membaca mereka dan menambah wawasan dan pemahaman tentang peristiwa penting dalam agama Islam seperti Isra Mi’raj.

Selain itu lomba ini juga sebagai sarana untuk mengingatkan pentingnya membaca dan mencari ilmu sebagai bagian dari kewajiban umat Muslim sebagai perintah dari Nabi Muhammad SAW yang merupakan contoh yang baik dalam hal ini.

Penjelasan lebih detail terkait lomba dapat diunduh di sini

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *