April 22, 2024

Lomba Sekolah Berkarakter Tahap II: Profil Karakter Siswa SMPN 1 Kertanegara

0

Kertanegara, 7 Desember 2023 – SMPN 1 Kertanegara melanjutkan perjalanan positifnya setelah tim juri menyelesaikan tahap visitasi Lomba Sekolah Berkarakter Tahap II. Tim juri dari Dinas Pendidikan Purbalingga, yang terdiri dari Drs. Haryono, M.Pd., Untung sugiarto, S.Pd., Dra. Rudi Mulyatiningsih, M.Pd., Wasis Sudiantoro, S.Pd., M.Pd., dan Dumari, S.Pd. memberikan sorotan khusus terhadap berbagai aspek sekolah, diantaranya sarana dan prasarana, pembelajaran berkarakter, serta profil pelajar Pancasila.

Dalam hal sarana dan prasarana, SMPN 1 Kertanegara berhasil menarik perhatian tim juri dengan fasilitas kelas yang dilengkapi teknologi modern, kantin yang representatif dan nyaman, perpustakaan yang memadai, dan ruang olahraga yang baik. Kurniah, S.Pd., Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, menyampaikan bahwa penciptaan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan karakter siswa adalah hasil dari kerja keras dan kolaborasi seluruh warga sekolah.

Pembelajaran berkarakter di SMPN 1 Kertanegara juga menjadi perhatian yang aspek yang dinilai oleh tim juri. Salah satunya pembelajaran yang dilakukan oleh Bunay Naila Inayah, S.Pd. pada pelajaran Matematika. Metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah ini tidak hanya menitikberatkan pada aspek akademis, tetapi juga menekankan nilai-nilai karakter positif bagi siswa. Kurniah, S.Pd., menegaskan bahwa upaya untuk membentuk fondasi kuat bagi perkembangan pribadi siswa adalah bagian integral dari visi sekolah.

Profil pelajar Pancasila di SMPN 1 Kertanegara tak luput menjadi perhatian para juri. Sekolah ini berhasil membentuk jiwa nasionalisme melalui profil pelajar yang mencerminkan semangat dan nilai-nilai Pancasila. Kurniah, S.Pd., menekankan bahwa kesuksesan ini adalah hasil dari komitmen sekolah untuk terus memupuk karakter siswa yang tangguh secara moral dan patriotik.

Dokumentasi kegiatan dan program-program yang dilaksanakan oleh SMPN 1 Kertanegara menjadi bukti konkrit dari upaya sekolah dalam menciptakan lingkungan pembelajaran berkarakter. Kurniah, S.Pd., menjelaskan bahwa pencapaian ini bukan hanya sebagai catatan prestasi, melainkan sebagai sumber inspirasi bagi sekolah dan refleksi diri untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas sekolah secara keseluruhan.

Perjalanan positif SMPN 1 Kertanegara dalam Lomba Sekolah Berkarakter menjadi cermin semangat kerja keras dan kolaborasi yang telah dilakukan oleh seluruh warga sekolah. Keberhasilan ini bukan hanya menjadi momentum untuk merayakan, tetapi juga sebagai pijakan untuk terus berinovasi demi mencetak generasi penerus yang berintegritas dan berbudi luhur.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *