April 22, 2024

Membentuk Pemimpin Literat: Pengurus OSIS dan Jurnalis SMP N 1 Kertanegara Ikuti LDK dan Pelatihan Menulis

0

Materi menulis dari Ryan Rachman (Jurnalis SUARA MERDEKA) dok. Rais

Kertanegara, 28 Desember 2023 – Kegiatan menginspirasi digelar di SMP N 1 Kertanegara. Dengan semangat tinggi, Pengurus OSIS dan Peserta Bakat Minat Jurnalistik aktif berpartisipasi dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan sesi khusus Latihan Menulis.

Menumbuhkan Semangat Kepemimpinan: Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

Kegiatan LDK, berlangsung mulai tanggal 27 hingga 29 Desember 2023, menjadi ajang latihan intensif bagi 41 siswa terpilih. Para peserta, yang terdiri dari pengurus OSIS dan anggota ekstrakurikuler jurnalistik, tak hanya mengasah keterampilan kekompakan dan baris berbaris dalam kompetisi outdoor, tetapi juga mendapatkan pencerahan dari berbagai narasumber tentang kepemimpinan yang efektif.

Kepala Sekolah, Ibu Kurniah S.P.d, menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah bagian integral dari upaya sekolah untuk meningkatkan budaya literasi dan menulis di lingkungan belajar. Dengan mengeksplorasi potensi kepemimpinan, SMPN 1 Kertanegara berkomitmen untuk menciptakan siswa yang memiliki keunggulan tak hanya dalam prestasi akademis, tetapi juga dalam kemampuan kepemimpinan yang kuat.

Mengasah Ketrampilan Menulis: Fokus pada Pengurus OSIS dan Peserta Jurnalistik

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bapak Sapto Mulwono S.P.d, menekankan bahwa tujuan dari sesi latihan menulis adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya bagi pengurus OSIS dan anggota ekstrakurikuler jurnalistik. Pelatihan menulis ini diselenggarakan di ruang Laboratorium IPA SMPN 1 Kertanegara pada hari Kamis, 28 Desember 2023.

Pemateri ternama, Ryan Racman (Jurnalis SUARA MERDEKA), memberikan materi yang mendalam dan bermanfaat kepada peserta. Dalam sesi tersebut, dia membahas teknik menulis cerpen dengan pendekatan baca, tiru, ubah. Ryan juga memberikan pandangan yang menarik tentang jurnalistik, membimbing peserta tentang bagaimana menulis berita secara efektif.

Pengurus OSIS mengungkapkan kepuasan mereka terhadap pelatihan ini, mengakui bahwa kegiatan tersebut tidak hanya memperkaya keterampilan kepemimpinan mereka, tetapi juga membuka wawasan baru dalam dunia menulis dan jurnalistik. Pelatihan ini menjadi langkah nyata dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pemimpin yang berpengetahuan luas dan mampu berkomunikasi secara efektif.

Cindy Nur Kholifah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *