April 22, 2024

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Siswa SMP Negeri 1 Kertanegara Gelar Kegiatan Memilah Sampah dan Membuat Kompos

0

Olah sampah Jadi kompos oleh Kader Adiwiyata (foto: Restu)

Kertanegara (21/03) – SMP Negeri 1 Kertanegara merayakan Hari Peduli Sampah Nasional dengan melakukan kegiatan memilah sampah dan membuat kompos dari sampah sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya memilah sampah dan mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kertanegara, Ibu Kurniah, S.Pd. memperkenalkan sejarah Hari Peduli Sampah Nasional dalam acara peringatan hari tersebut. Hari Peduli Sampah Nasional dirayakan setiap tanggal 21 Februari dan telah diperingati sejak tahun 2005. Tujuan dari perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menangani masalah sampah.

Dalam sambutannya, Ibu Kurniah menjelaskan bahwa masalah sampah adalah isu lingkungan yang sangat penting dan harus segera ditangani. Sejak zaman dahulu, manusia telah menciptakan berbagai jenis sampah, namun dengan semakin berkembangnya teknologi dan konsumsi manusia, jumlah sampah yang dihasilkan pun semakin meningkat. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengatasi masalah sampah ini dengan cara yang tepat.

Siswa diberikan tugas untuk memilah sampah yang dihasilkan di sekolah, seperti kertas, plastik, dan sisa makanan. Mereka kemudian membentuk tim bernama Kader Adiwiyata sekolah untuk mengumpulkan dan memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Setelah itu, sampah organik yang ditemukan seperti sisa makanan atau daun kering, digunakan untuk membuat kompos yang akan digunakan untuk pupuk tanaman di kebun sekolah.

Selain memilah sampah dan membuat kompos, siswa juga diminta membawa merang padi ke sekolah. Merang padi akan digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kompos. Dengan menggunakan merang padi, kompos yang dihasilkan akan lebih baik kualitasnya.

Kepala sekolah SMP Negeri 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini dapat membantu menjaga lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat melanjutkan budaya memilah sampah di rumah masing-masing dan turut berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan siswa dapat lebih sadar tentang pentingnya memilah sampah dan mengolahnya dengan baik. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.

Dokumentasi Kegiatan

HPSN 2023 (16)
HPSN 2023 (1)
HPSN 2023 (2)
HPSN 2023 (3)
HPSN 2023 (4)
HPSN 2023 (5)
HPSN 2023 (6)
HPSN 2023 (7)
HPSN 2023 (8)
HPSN 2023 (9)
HPSN 2023 (10)
HPSN 2023 (11)
HPSN 2023 (12)
HPSN 2023 (13)
HPSN 2023 (14)
HPSN 2023 (15)
previous arrow
next arrow
M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *