April 22, 2024

Menjaga Bumi, Menebar Kekompakan: Pramuka SMPN 1 Kertanegara Gelar PERSARI

0

Kertanegara, 30 Juli 2023 Pramuka Gugus Depan 18.501-18.502 SMPN 1 Kertanegara merayakan suksesnya kegiatan PERSARI (Perkemahan Satu Hari) dengan tema “Menjaga Alam, Menanam Harapan” pada hari Ahad, 30 Juli 2023. Acara yang berlangsung di lingkungan sekitar sekolah ini berhasil menyatukan semangat kemandirian, kekompakan dalam kelompok baru, serta memupuk rasa nasionalisme dan kerjasama dalam suasana ceria.

Menanam Harapan untuk Lingkungan

Para peserta pramuka dengan semangat menanam pohon di lingkungan sekitar sekolah, mewujudkan harapan untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan lestari. Kegiatan PERSARI juga difokuskan pada menanam pohon, sebagai wujud kepedulian alam. Kegiatan ini mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang penting bagi generasi muda. Selain melatih kepedulian terhadap lingkungan, kegiatan ini juga dirancang untuk mengajarkan peserta tentang arti penting kemandirian dan kerjasama dalam menghadapi berbagai tantangan.

Acara dibuka dengan meriah oleh Kepala Gugus Depan (Ka Gudep) Sapto Mulwono, S.Pd., yang memberikan sambutan penuh semangat. Beliau berharap agar kegiatan tersebut dapat membentuk karakter pramuka yang tangguh, mandiri, dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

“Dalam kegiatan PERSARI kali ini, kami ingin menciptakan lingkungan yang mendukung pembentukan karakter anak-anak muda yang berakhlak mulia, cerdas, dan berjiwa nasionalisme. Kami percaya, melalui kegiatan seperti ini, mereka akan belajar untuk saling menghargai, bekerja sama dalam kelompok, dan memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan sekitar,” ujar Ka Gudep Sapto Mulwono.

Kegiatan menanam pohon di lingkungan sekitar menjadi bagian dari rangkaian acara yang bertujuan untuk menyatukan semangat kebersamaan dan kepedulian. Para peserta Pramuka diberikan kesempatan untuk bekerja dalam kelompok baru, sehingga dapat saling mengenal, bekerja sama, dan memahami pentingnya kekompakan dalam mencapai tujuan bersama.

Melatih Kemandirian dan Kekompakan

Kegiatan PERSARI dilengkapi dengan berbagai lomba dan permainan menantang yang bertujuan untuk melatih kemandirian dan mempererat kekompakan peserta. Tidak hanya itu, acara ini juga diisi dengan berbagai permainan yang menantang, termasuk perlombaan estafet dan adu ketangkasan. Semua kegiatan tersebut dirancang untuk melatih ketangguhan mental dan kemandirian peserta dalam menghadapi setiap tantangan yang dihadirkan.

Pada akhir acara, suasana keceriaan terpancar dari wajah para peserta. Mereka tampak begitu semangat dan bahagia telah berhasil mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan penuh antusiasme.

Ka Gudep Sapto Mulwono berharap, semangat dan nilai-nilai positif yang didapat dari kegiatan PERSARI ini akan terus dijaga dan diterapkan oleh setiap peserta dalam kehidupan sehari-hari. “Kami berharap bahwa semangat kemandirian, kekompakan, dan nasionalisme yang mereka dapatkan hari ini akan menjadi bekal berharga dalam menghadapi tantangan di masa depan,” tambahnya.

Dengan suksesnya kegiatan PERSARI yang dipenuhi semangat kemandirian, kekompakan, dan rasa nasionalisme, Pramuka Gugus Depan 18.501-18.502 SMPN 1 Kertanegara membuktikan bahwa gerakan Pramuka tetap menjadi garda terdepan dalam membentuk karakter generasi muda yang berkualitas dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan serta bangsa.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *