Juli 21, 2024

Outing Class SMPN 1 Kertanegara ke Perpustakaan Daerah dan Museum Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Purbalingga

0

Foto bersama di depan Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja (foto: Rian Hidayat)

Meningkatkan Literasi dengan Pengalaman yang Menyenangkan di Perpustakaan Daerah Purbalingga

Pada tanggal 22 Juni 2023, siswa-siswa kelas 7 dan 8 SMPN 1 Kertanegara dihadapkan pada pengalaman belajar yang berbeda. Mereka mengadakan outing class yang berfokus pada kunjungan ke Perpustakaan Daerah Purbalingga dan Museum Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Purbalingga.

Suasana dalam Gedung Perpustakaan Daerah (Foto: Daryanti)

Dalam kunjungan mereka ke Perpustakaan Daerah Purbalingga, siswa-siswa diajak untuk menjelajahi dunia literasi dengan cara yang menyenangkan. Para pustakawan memberikan pengarahan tentang pentingnya membaca dan bagaimana menjadikan literasi sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Kegiatan di perpustakaan melibatkan siswa-siswa dalam membaca buku-buku yang menarik minat mereka. Mereka diberikan kebebasan untuk memilih buku-buku yang ingin mereka baca, sehingga pengalaman literasi menjadi lebih personal dan berkesan.

Siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara belajar tentang beragam topik melalui buku-buku yang mereka pilih. Mereka merasakan kegembiraan dalam mengeksplorasi pengetahuan dan memperluas wawasan mereka melalui bacaan-bacaan yang tersedia di perpustakaan.

Merasakan Keajaiban Sejarah Purbalingga di Museum Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja

Setelah menjelajahi dunia literasi, rombongan outing class bergerak menuju Museum Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Purbalingga. Di sini, siswa-siswa diajak untuk mengenal sejarah Purbalingga melalui koleksi-koleksi yang ada di museum.

Kunjungan ke museum menjadi momen penting bagi siswa-siswa untuk menyaksikan secara langsung warisan sejarah Purbalingga. Mereka dapat melihat artefak penting dan belajar tentang tokoh-tokoh bersejarah yang memiliki kaitan dengan daerah tersebut.

Dalam kunjungan ke museum, siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara merasakan keajaiban sejarah yang terpatri dalam setiap artefak yang dipamerkan. Mereka diberikan penjelasan mendalam mengenai arti dan peran setiap objek sejarah dalam membentuk identitas Purbalingga.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd., menyampaikan kebanggaannya atas kunjungan outing class yang menarik ini. Ia menekankan pentingnya pemahaman sejarah dan kecintaan terhadap budaya lokal bagi para siswa.

Melalui kunjungan ke museum, siswa-siswa SMPN 1 Kertanegara dapat menghubungkan diri mereka dengan akar sejarah Purbalingga. Mereka belajar menghargai warisan budaya dan meningkatkan rasa kebanggaan terhadap daerah tempat tinggal mereka.

Outing class ini membawa dampak positif bagi siswa-siswa dalam memperluas wawasan pengetahuan mereka. Mereka tidak hanya belajar dari buku teks di dalam kelas, tetapi juga melalui pengalaman langsung di perpustakaan dan museum.

Kegiatan outing class ini juga mendorong siswa-siswa untuk melihat pembelajaran sebagai pengalaman yang menyenangkan. Mereka merasakan kegembiraan dalam mengeksplorasi pengetahuan dan mengalami langsung sejarah yang hidup di museum.

Kepala Sekolah Kurniah, S.Pd., berharap bahwa outing class ini dapat menjadi pengalaman yang membekas bagi siswa-siswa. Ia berharap mereka dapat terus menjaga minat terhadap literasi dan terus menggali pengetahuan tentang sejarah daerah mereka.

Outing class ke Perpustakaan Daerah Purbalingga dan Museum Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Purbalingga telah membawa siswa-siswa kelas 7 dan 8 SMPN 1 Kertanegara pada perjalanan pengetahuan yang tak terlupakan.

Dengan adanya kegiatan ini, siswa-siswa diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari. Mereka diingatkan akan pentingnya membaca dan belajar tentang sejarah dan budaya untuk menjadi generasi yang berpengetahuan luas dan bertanggung jawab.

Outing class ini menjadi salah satu langkah konkrit dari SMPN 1 Kertanegara dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa-siswanya. Harapannya, kegiatan serupa akan terus dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih luas dan beragam.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *