April 22, 2024

P5 SMPN 1 Kertanegara: Kreativitas dan Kontribusi Siswa dalam Berkelanjutan

0

SMPN 1 Kertanegara Sukses Menyelenggarakan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Nuansa Kreativitas dan Semangat Positif

Kertanegara, 27 Januari 2024 – SMPN 1 Kertanegara merayakan kesuksesan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan penuh semangat dan inspirasi. Acara ini menjadi wahana bagi siswa-siswi untuk mengekspresikan kreativitas mereka sambil menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai pondasi pembangunan karakter.

Kelas 7 memukau penonton dengan karya Ecoprint bertema Gaya Hidup Berkelanjutan. Siswa-siswi berhasil menciptakan karya seni yang memikat mata, sambil menyuarakan kesadaran akan keberlanjutan lingkungan. Fashion show yang memamerkan busana hasil Ecoprint, tarian dengan kain ramah lingkungan, dan harmoni melodi lagu-lagu berkesan lingkungan menunjukkan semangat dan keceriaan siswa.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, Ibu Kurniah, S.Pd., mengekspresikan kebanggaannya terhadap kreativitas siswa-siswi kelas 7. “Mereka tidak hanya menjadi seniman muda yang berbakat, tetapi juga duta lingkungan. Generasi yang peduli dengan bumi dan mampu menyampaikan pesan melalui seni,” ungkapnya dengan penuh keyakinan.

Sementara itu, kelas 8 menampilkan pencapaian luar biasa dengan tema “Berekayasa dan Berteknologi untuk Kemajuan NKRI.” Proyek alat penyaring air yang mereka rancang untuk keberlanjutan sumber daya air di Indonesia menjadi sorotan. Melalui presentasi kelompok, siswa-siswi tidak hanya menjelaskan teknologi di balik alat penyaring air, tetapi juga menunjukkan kemampuan berbicara di depan umum.

Ibu Kurniah menekankan pentingnya pendidikan holistik dan relevansi keterampilan dengan masa depan. “Saat ini, siswa-siswi tidak hanya belajar untuk sukses di dunia akademis, tetapi juga mengembangkan keterampilan yang akan membentuk masa depan mereka. Keterampilan kreatif seperti menjadi konten kreator, desainer baju, dan bidang lainnya menjadi penunjang mencari rezeki di masa mendatang,” tambahnya.

Ketika ditanya tentang kesan mendalam dari acara ini, Ibu Kurniah tersenyum penuh kebahagiaan, “Saya melihat keceriaan di mata mereka. Itu adalah bukti bahwa pembelajaran tidak hanya berlangsung di dalam kelas, tetapi juga melalui pengalaman nyata yang membentuk karakter dan jiwa mereka. Mereka bukan hanya siswa, tetapi juga kreator dan penyemangat bagi lingkungan sekitar.”

Gelar Karya Projek P5 ini meriah dengan keceriaan siswa-siswi yang meninggalkan kesan mendalam. Semoga semangat kreatif dan kesadaran terhadap lingkungan yang mereka tanamkan dapat terus berkembang, membawa perubahan positif bagi masyarakat dan bangsa di masa depan.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *