April 14, 2024

Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar oleh Guru SMPN 1 Kertanegara dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

0

Kertanegara, 30 September 2023 – SMPN 1 Kertanegara telah aktif berpartisipasi dalam upaya nasional untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang baru-baru ini diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dalam rangka membantu sekolah-sekolah di seluruh negeri untuk sukses mengadopsi kurikulum inovatif ini, Fitriani Tri Rahayu, S.Pd., telah memainkan peran utama sebagai pemateri dalam acara PENGIMBASAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA.

Salah satu materi utama yang diberikan oleh Fitriani Tri Rahayu, S.Pd., adalah tentang pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar yang diluncurkan oleh Kemendikbudristek. Dalam presentasinya, beliau membahas bagaimana platform ini dapat menjadi alat yang sangat berguna bagi sekolah dan guru dalam merancang, mengelola, dan mengevaluasi kurikulum yang sesuai dengan visi dan misi sekolah serta kebutuhan unik siswa.

Kurikulum Merdeka adalah salah satu langkah revolusioner dalam sistem pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk memberikan kemerdekaan kepada sekolah-sekolah dalam merancang kurikulum mereka sendiri. Ini bertujuan untuk memungkinkan pendidikan yang lebih relevan, berfokus pada kebutuhan dan potensi unik siswa, serta mengembangkan keterampilan yang relevan dengan era digital dan global.

Kurniah, S.Pd., yang menjabat sebagai Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, merasa sangat bersemangat tentang peluang dan tantangan yang ditawarkan oleh Kurikulum Merdeka. Dalam wawancara terbarunya, beliau menyatakan, “Kami percaya bahwa Kurikulum Merdeka adalah langkah yang tepat dalam meningkatkan mutu pendidikan di negara kita. Ini memberi sekolah lebih banyak kontrol dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan keunggulan masing-masing siswa, sehingga mereka dapat bersaing di tingkat global.”

Dalam acara PENGIMBASAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA yang diadakan di SMPN 1 Kertanegara, Fitriani Tri Rahayu, S.Pd., memberikan panduan mendalam tentang konsep, tujuan, dan metode pelaksanaan Kurikulum Merdeka dengan penekanan khusus pada pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. Para peserta acara juga berkesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam menghadapi perubahan ini.

Kurniah, S.Pd., menekankan pentingnya kolaborasi dan dukungan yang kuat dari semua pihak terkait untuk sukses mengadopsi Kurikulum Merdeka. Beliau berharap, “Kami berkomitmen untuk terus bergerak maju dengan semangat positif, beradaptasi dengan perubahan, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik bagi generasi mendatang.”

Kurniah, S.Pd., menegaskan pentingnya kolaborasi dan dukungan dari seluruh komunitas pendidikan untuk sukses mengadopsi Kurikulum Merdeka. Beliau berharap bahwa melalui upaya bersama, sekolah ini dan seluruh stakeholder pendidikan dapat menciptakan perubahan positif dalam dunia pendidikan Indonesia. Dalam semangat inovasi dan perbaikan, SMPN 1 Kertanegara berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan perubahan, menjunjung tinggi visi dan misi pendidikan yang lebih baik, dan memberikan yang terbaik bagi generasi mendatang.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *