April 22, 2024

Pembelajaran dari Isra Mi’raj: Upaya SMPN 1 Kertanegara Membentuk Generasi Rabbani

0

Kertanegara (07/02) – Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di SMPN 1 Kertanegara membawa suasana baru dan penuh inspirasi bagi seluruh warga sekolah. Dihadiri oleh siswa, guru, dan staf, acara ini terasa spesial dengan kehadiran Ustadz Sulaemi Al Hafiz, yang membagikan wawasan mendalam tentang Isra Mi’raj sebagai landasan perbaikan iman dan moral.

Dengan aula sekolah yang telah dihias sedemikian rupa untuk menciptakan suasana yang khidmat, acara dimulai dengan tilawah Al-Quran oleh Tubaji, S.Pd.I., lantunan shalawat dari grup Samira Svara, kemudian shalawat oleh Riyan Hidayat, S.Pd., disusul sambutan dari Kepala Sekolah, Ibu Kurniah, S.Pd. Ibu Kurniah menekankan pentingnya mengambil pelajaran dari setiap peristiwa dalam sejarah Islam, khususnya Isra Mi’raj, untuk pengembangan diri yang lebih baik.

Mengambil tema “Isra Mi’raj sebagai Landasan Perbaikan Iman dan Moral”, Ustadz Sulaemi Al Hafiz menunjukkan bagaimana peristiwa Isra Mi’raj memiliki makna yang dalam untuk introspeksi dan peningkatan kualitas diri, baik secara spiritual maupun moral. “Isra Mi’raj bukan sekadar perjalanan fisik yang luar biasa, tapi juga perjalanan ruhani yang mengajarkan kita tentang pentingnya kedekatan dengan Allah SWT melalui shalat,” ujar Ustadz Sulaemi.

Dengan penjelasan yang lugas dan penuh hikmah, Ustadz Sulaemi menyampaikan bahwa Isra Mi’raj merupakan momen di mana Nabi Muhammad SAW menerima perintah shalat lima waktu sebagai tiang agama. “Ini adalah bukti cinta dan kasih sayang Allah kepada kita, memberikan shalat sebagai sarana langsung berkomunikasi dengan-Nya,” tambahnya. Lebih dari itu, beliau mengaitkan peristiwa ini dengan kebutuhan untuk selalu berusaha memperbaiki iman dan moral sebagai landasan utama dalam kehidupan.

Ustadz Sulaemi menekankan bahwa perbaikan iman dan moral harus menjadi prioritas dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya saat menghadapi masalah atau ketika di bulan-bulan suci. “Isra Mi’raj mengajarkan kita untuk terus memperbaiki diri, meningkatkan ketaatan, dan menjalankan nilai-nilai moral Islam dalam setiap aspek kehidupan,” katanya. Beliau mendorong para siswa untuk mengambil inspirasi dari Nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan nilai-nilai kebenaran dan kebaikan.

Ibu Kurniah, S.Pd., menyampaikan harapannya agar ceramah dari Ustadz Sulaemi dapat menginspirasi seluruh komunitas sekolah untuk lebih mendalami ajaran Islam dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. “Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari Isra Mi’raj untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dengan iman dan moral yang terus terjaga dan diperbaiki,” tutupnya.

Acara peringatan Isra Mi’raj di SMPN 1 Kertanegara ini tidak hanya menjadi momen refleksi spiritual, tapi juga sebagai ajang untuk memperkuat komitmen bersama dalam membangun karakter dan moral yang baik di lingkungan sekolah dan masyarakat.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *