Juli 21, 2024

Perkuat Nilai Pancasila, SMPN 1 Kertanegara Gelar ‘Spensaker Mbarang Gawe’ dan ‘Spensaker’s Got Talent

0

Gelar karya

SMPN 1 Kertanegara Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kertanegara – SMPN 1 Kertanegara baru saja sukses menggelar acara Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Bangunlah Jiwa Raganya dan Kearifan Lokal”. Acara yang bertujuan untuk memperkuat karakter dan nilai-nilai Pancasila ini berlangsung meriah dengan partisipasi seluruh siswa kelas 7 dan kelas 8.

Kegiatan untuk siswa kelas 8 diselenggarakan dalam bentuk “Spensaker Mbarang Gawe”. Dalam acara ini, siswa kelas 8 bertanggung jawab untuk menyambut tamu di kelas masing-masing bertepatan dengan pengambilan rapot. Sebelum orang tua menerima rapot, mereka diajak untuk menikmati acara gelar karya tersebut, memberikan mereka kesempatan untuk melihat langsung hasil karya dan bakat anak-anak mereka. Tugas menyambut tamu ini melatih siswa dalam hal keramahan, keterampilan komunikasi, dan etiket yang baik. Selain itu, aula sekolah berubah menjadi pusat kegiatan dengan adanya stand-stand yang menjajakan berbagai makanan tradisional yang diolah oleh para siswa dan orang tua. Makanan seperti klepon, lemper, dan onde-onde menjadi daya tarik tersendiri, mengundang antusiasme pengunjung untuk mencicipi kekayaan kuliner lokal.

Di sisi lain, siswa kelas 7 berpartisipasi dalam “Spensaker’s Got Talent”. Acara ini menjadi ajang bagi mereka untuk menunjukkan bakat dan kreativitas dalam berbagai penampilan seni tari, pantomim, dan vokal grup di depan orang tua mereka yang hadir. Para siswa kelas 7, meski masih dalam tahap awal, mampu menunjukkan bakat mereka dengan penampilan yang penuh semangat dan percaya diri. Orang tua yang hadir tampak antusias dan bangga melihat penampilan anak-anak mereka. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih tampil di depan umum dan mengembangkan rasa percaya diri sejak dini.

Kepala SMPN 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd., menyatakan kebanggaannya terhadap para siswa yang telah menunjukkan semangat dan kreativitas mereka dalam acara ini. “Kegiatan ini bukan hanya tentang menampilkan bakat, tetapi juga tentang memperkuat nilai-nilai Pancasila dan kearifan lokal dalam diri siswa. Saya bangga melihat antusiasme dan kerja keras mereka,” ujarnya. Kurniah juga menambahkan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kurikulum melalui kegiatan yang menyenangkan dan mendidik.

Acara ini juga melibatkan peran aktif para guru dan orang tua. Para guru membantu membimbing siswa dalam persiapan penampilan dan stand makanan, sementara orang tua berkontribusi dengan menyediakan bahan-bahan dan mendukung anak-anak mereka dalam berbagai kegiatan. Kolaborasi antara sekolah, siswa, dan orang tua ini menciptakan suasana kebersamaan yang erat dan mendukung tujuan pendidikan yang holistik.

Dengan suksesnya acara ini, SMPN 1 Kertanegara berharap dapat terus mengadakan kegiatan serupa yang mampu mengembangkan potensi dan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sekolah berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan yang memperkaya pengalaman belajar siswa, tidak hanya dari segi akademis tetapi juga dalam aspek moral dan sosial. Kurniah menutup acara dengan harapan bahwa melalui kegiatan seperti ini, siswa SMPN 1 Kertanegara akan tumbuh menjadi generasi yang tidak hanya cerdas, tetapi juga berkarakter kuat dan cinta akan budaya lokal.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *