April 14, 2024

Sarapan Bersama, Menjadi Bagian dari Budaya Belajar yang Sehat

0

Dokumentasi Sabtu SABAR (foto: Restu)

Kertanegara (07/01) – SMP Negeri 1 Kertanegara membuat gerakan sarapan pagi bersama di sekolah. Kegiatan ini diberi nama Gerakan Sabtu Sarapan Bareng (SABAR). Gerakan Sabtu Sabar diinisiasi berdasarkan pengamatan beberapa waktu sebelumnya bahwa siswa tidak sarapan di pagi hari.

Sabtu Sabar di sekolah adalah kegiatan di mana siswa dan guru-guru di sekolah makan bersama pada pagi hari sebelum kegiatan pembiasaan literasi dan KBM dimulai. Ini merupakan kesempatan bagi siswa untuk bersosialisasi dengan teman-temannya dan memulai hari dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Siswa membawa makanan sendiri dengan lauk yang diwajibkan adalah sayur. Sarapan pagi bersama di sekolah juga dapat menjadi kesempatan bagi siswa untuk belajar tentang makanan yang sehat dan bagaimana mengatur pola makan yang sehat.

Sarapan pagi di sekolah dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa, di antaranya:

  1. Mengurangi kelaparan: Sarapan pagi di sekolah membantu siswa memulai hari dengan makanan yang sehat dan bergizi, yang dapat mengurangi kelaparan sepanjang hari.
  2. Meningkatkan konsentrasi: Sarapan pagi yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi siswa saat belajar di sekolah.
  3. Meningkatkan prestasi belajar: Sarapan pagi yang sehat dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena siswa akan lebih fokus dan terfokus selama kegiatan belajar di sekolah.
  4. Menurunkan risiko obesitas: Sarapan pagi di sekolah dapat membantu siswa membentuk pola makan yang sehat sejak dini, yang dapat menurunkan risiko obesitas di masa depan.
  5. Mengurangi siswa yang tidak makan: Sarapan pagi di sekolah dapat membantu siswa yang tidak makan di rumah atau tidak membawa makanan ke sekolah, sehingga mereka tidak kelaparan sepanjang hari.

Mulailah hari kita dengan sarapan yang sehat dan bergizi, untuk memulai hari dengan semangat yang tinggi

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *