April 22, 2024

Siswa SMPN 1 Kertanegara berprestasi di kompetisi Karawitan tingkat BARLINGMASCAKEB

0

Penampilan Siswa SMPN 1 Kertanegara pada SIRAMA

SMPN 1 Kertanegara Raih Harapan 1 dalam Kompetisi Karawitan SIRAMA

Purwokerto, 10 Desember 2023 – SMPN 1 Kertanegara berhasil meraih prestasi Harapan 1 dalam Kompetisi Karawitan Banyumas (SIRAMA) tingkat SMP & MTs se-Barlingmascakeb. Kompetisi ini diselenggarakan oleh UKM Karawitan Setya Laras Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto. Auditorium Utama UIN SAIZU menjadi saksi atas dedikasi dan bakat istimewa para siswa dalam seni karawitan.

Dalam pernyataannya, Kepala SMPN 1 Kertanegara, Ibu Kurniah, S.Pd., menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian luar biasa ini. “Prestasi ini adalah hasil dari kerja keras, semangat juang, dan dedikasi tinggi para siswa. Ini juga mencerminkan komitmen sekolah dalam mendukung pengembangan potensi seni dan budaya di kalangan siswa,” ujarnya.

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran pembina karawitan SMPN 1 Kertanegara, Satrio Aji Sasongko, S.Pd., yang dengan penuh semangat membimbing dan membantu persiapan siswa sebelum dan pada saat kompetisi dilaksanakan. Dukungan mereka diakui sebagai faktor kunci dalam meraih prestasi gemilang ini.

Pencapaian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam menjunjung tinggi seni budaya lokal. Kurniah, S.Pd., berharap prestasi ini dapat menjadi pijakan untuk terus mengembangkan potensi seni dan budaya di SMPN 1 Kertanegara.

Pembina karawitan, Satrio Aji Sasongko, S.Pd., menegaskan pentingnya peran seni dalam membentuk karakter dan kepekaan siswa terhadap budaya lokal. Keberhasilan ini, baginya, adalah bukti bahwa pengembangan seni di sekolah memiliki dampak positif yang besar.

Bunay Naila Inayah, S.Pd., menambahkan bahwa persiapan yang intensif dan kerja tim yang solid telah menjadi kunci keberhasilan dalam meraih prestasi ini. Ia berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi siswa-siswi SMPN 1 Kertanegara lainnya untuk mengeksplorasi bakat dan minat mereka.

Meski begitu, tantangan tidak berakhir di sini. Kepala Sekolah, Ibu Kurniah, menegaskan komitmen sekolah untuk terus mendukung dan memotivasi siswa agar senantiasa berkembang di berbagai bidang, termasuk seni dan budaya.

Selamat kepada seluruh siswa dan tim pendukung SMPN 1 Kertanegara atas prestasi Harapan 1. Semoga keberhasilan ini menjadi pendorong semangat dan inspirasi bagi generasi muda dalam melestarikan seni budaya tradisional Indonesia.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *