April 22, 2024

SMP N 1 Kertanegara Bersikap Peduli Lingkungan dengan Meluncurkan Program Bank Sampah Sekolah

0

Bank Sampah SMP Negeri 1 Kertanegara

Kertanegara (06/01) – SMP N 1 Kertanegara meluncurkan program bank sampah sekolah dengan nama BERSERI. Berseri merupakan akronim dari Bersih, Sehat, Rapi, Indah. Kata berseri juga bermakna bercahaya; bersemarak; tampak elok/indah (KBBI).

Program BERSERI bertujuan untuk mempromosikan pengurangan sampah dan pengolahan ulang sampah di sekolah. Program ini merupakan inisiatif yang sangat penting, karena dapat membantu mengurangi sampah, menjaga sumber daya alam, dan melindungi lingkungan.

Peluncuran program BERSERI diluncurkan pada hari Jumat (06/01) ditandai dengan kegiatan penyetoran, pemilahan, penimbangan sampah, pencatatan dan pembagian buku tabungan sampah yang bersamaan dengan kegiatan Jumat Bersih di SMP Negeri 1 Kertanegara.

Program BERSERI melibatkan pengaturan sistem pengumpulan sampah di sekolah, dimana siswa dan guru dapat mengumpulkan material-material yang dapat di daur ulang seperti kertas, plastik, dan logam. Material-material yang terkumpul kemudian diolah ulang, sehingga mengurangi jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir.

Program BERSERI mencakup komponen-komponen edukatif, seperti pelajaran tentang pentingnya pengurangan sampah dan pengolahan ulang sampah, untuk membantu siswa memahami dampak tindakan mereka terhadap lingkungan.

Beberapa manfaat dari implementasi program BERSERI:

  1. Mengurangi sampah: Program bank sampah sekolah membantu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan di sekolah, yang pada gilirannya mengurangi beban pada tempat pembuangan akhir.
  2. Menjaga sumber daya alam: Pengolahan ulang material seperti kertas, plastik, dan logam menjaga sumber daya alam dan energi, karena membutuhkan energi yang lebih sedikit untuk memproduksi produk baru dari material yang telah diolah ulang daripada dari material mentah.
  3. Mempromosikan kesadaran lingkungan: Program bank sampah sekolah dapat membantu memberikan edukasi kepada siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan dan peran yang mereka bisa main dalam melindunginya.
  4. Mengajarkan tanggung jawab: Berpartisipasi dalam program bank sampah sekolah membantu siswa memahami pentingnya menjadi bertanggung jawab atas tindakan mereka dan dampak yang dapat mereka berikan pada lingkungan.
  5. Menyimpan uang: Program pengolahan ulang juga dapat membantu sekolah menghemat biaya pembuangan sampah.

Program bank sampah sekolah bukan hanya penting untuk lingkungan, tetapi juga merupakan kesempatan untuk belajar tentang tanggung jawab dan menjadi bagian dari solusi untuk masalah sampah yang semakin besar. Dengan terlibat dalam program bank sampah sekolah, kita dapat mengurangi jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir dan menjaga sumber daya alam yang terbatas.

Kita bisa membuat perbedaan dalam menjaga lingkungan dengan cara yang sederhana seperti mengumpulkan sampah yang dapat diolah ulang di sekolah.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *