Juli 21, 2024

SMPN 1 Kertanegara Adakan Qurban, Berbagi Berkah Idul Adha

0

SMPN 1 Kertanegara Melaksanakan Kegiatan Qurban: Satu Sapi dan Empat Kambing Disembelih

Kertanegara, 18 Juni 2024 – SMP Negeri 1 Kertanegara kembali menggelar kegiatan qurban dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha. Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa, 18 Juni 2024 ini dihadiri oleh seluruh siswa, guru, dan warga sekitar.

Dalam kegiatan qurban tahun ini, SMPN 1 Kertanegara menyembelih satu ekor sapi dan empat ekor kambing. Penyembelihan hewan qurban dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Guru Agama Islam, Tubaji, S.Pd.I., dan Rian Hidayat, S.Pd., dengan penuh khidmat dan mengikuti prosedur syariah yang berlaku.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan qurban ini merupakan salah satu bentuk implementasi pendidikan karakter dan kepedulian sosial di lingkungan sekolah. “Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan rasa empati dan kebersamaan di antara siswa serta mempererat hubungan antara sekolah dengan masyarakat sekitar,” ujar Kurniah.

Setelah prosesi penyembelihan selesai, daging qurban didistribusikan kepada siswa SMPN 1 Kertanegara dan warga sekitar yang berhak menerimanya. Pembagian daging qurban berlangsung tertib dan lancar dengan bantuan para guru dan siswa yang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Tubaji, S.Pd.I., salah satu Guru Agama Islam di SMPN 1 Kertanegara, menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang makna dan hikmah dari ibadah qurban. “Kami ingin siswa memahami bahwa qurban bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga bentuk kepedulian terhadap sesama. Dengan berqurban, kita belajar untuk ikhlas berbagi dan peduli terhadap mereka yang membutuhkan,” jelasnya.

Dengan berlangsungnya kegiatan ini, SMPN 1 Kertanegara berharap dapat terus menjalankan program-program yang bermanfaat bagi siswa dan masyarakat sekitar serta terus berperan aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *