April 14, 2024

SMPN 1 Kertanegara Juara 3 Pidato Basa Jawa

0

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) sebagai upaya menggencarkan revitalisasi bahasa daerah yang menyasar generasi muda. Festival ini merupakan media apresiasi kepada para peserta program revitalisasi bahasa daerah yang dilakukan secara berjenjang mulai dari sekolah atau komunitas belajar di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi.

Festival Tunas Bahasa Ibu diharapkan dapat memberikan akses bagi para partisipan sehingga nantinya akan semakin bangga menggunakan bahasa daerah.

Balai Bahasa Jawa Tengah menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu 2022 dengan tema “Lestarikan dan Kembangkan Bahasa Jawa.” yang diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober 2022 untuk tingkat kabupaten.

SMP Negeri 1 Kertanegara mengikuti festival tersebut dengan mengirimkan siswa-siswanya untuk ikut berkompetesi. Cabang yang diikuti adalah lomba nembang macapat, lomba menulis geguritan, lomba membaca aksara Jawa, dan lomba berpidato.

Pidato Basa Jawa Juara 3

Pada FTBI 2022 tingkat kabupaten Purbalingga tersebut, SMP Negeri 1 Kertanegara berhasil memperoleh satu piala, yaitu juara 3 cabang lomba Pidato Basa Jawa Putri yang diraih oleh Adelia Paramita. Prestasi ini semoga akan meningkatkan semangat siswa SMP Negeri 1 Kertanegara untuk terus berusaha melestarikan bahasa Ibu.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *