Juni 12, 2024

SMPN 1 Kertanegara Peringati Hari Lahir Pancasila dengan Upacara Bendera, Semarakkan Visi Indonesia Emas 2045

0

SMPN 1 Kertanegara Gelar Upacara Bendera untuk Peringati Hari Lahir Pancasila

Kertanegara, 1 Juni 2024 – SMP Negeri 1 Kertanegara melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di halaman sekolah. Upacara ini dihadiri oleh seluruh guru, karyawan, serta siswa kelas VII dan VIII.

Kegiatan upacara dimulai tepat pukul 07.00 WIB dengan petugas upacara yang berasal dari pengurus OSIS. Dalam suasana yang khidmat, para siswa dan guru mengikuti seluruh rangkaian acara dengan penuh semangat dan rasa nasionalisme.

Kepala sekolah SMPN 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd., bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, beliau menekankan pentingnya memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Pancasila bukan hanya sekedar dasar negara, tetapi juga panduan dalam bertindak dan berperilaku. Mari kita jadikan Pancasila sebagai pegangan hidup agar tercipta masyarakat yang adil dan makmur,” ujar Kurniah.

Selain itu, beliau juga mengapresiasi kerja keras pengurus OSIS yang telah sukses mengorganisir upacara dengan tertib dan lancar. Kurniah berharap agar semangat kebangsaan ini terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi seluruh siswa untuk selalu mencintai tanah air.

Dalam pidatonya, Kurniah juga menyinggung visi Indonesia Emas 2045. “Sebagai generasi muda, kalian memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, yaitu visi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan sejahtera pada saat kita merayakan 100 tahun kemerdekaan. Kalian adalah harapan bangsa yang akan membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih cerah. Oleh karena itu, teruslah belajar dan berprestasi, serta amalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya dengan semangat. Di akhir pidato, beliau menambahkan, “Salam Pancasila!”

Beliau juga mengingatkan bahwa untuk mencapai visi tersebut, penting bagi generasi muda untuk memiliki karakter yang kuat, inovatif, serta berdaya saing tinggi di kancah global. “Indonesia Emas 2045 bukanlah mimpi yang tak mungkin dicapai. Dengan kerja keras, disiplin, dan dedikasi, kita semua bisa mewujudkannya,” tambah Kurniah.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di SMPN 1 Kertanegara tahun ini berjalan dengan sukses dan penuh makna, meninggalkan kesan mendalam di hati para peserta. Semoga semangat Pancasila senantiasa hidup dalam setiap insan pendidikan di sekolah ini, sebagai langkah awal menuju Indonesia Emas 2045. Salam Pancasila!

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *