April 22, 2024

SPENSAKER’S GOT TALENT: Sarana Unjuk Kepercayaan Diri Siswa dengan Talentanya

0

Pertunjukan Perkusi pada acara Spensaker's Got Talent 2022 (foto: Rais)

Logo SGT

Kertanegara (17/12) – Kegiatan SPENSAKER’S GOT TALENT (SGT) merupakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMP Negeri 1 Kertanegara yang mengangkat tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya”. Kegiatan ini menciptakan kesempatan belajar peserta didik untuk membentuk diri sesuai Profil Pelajar Pancasila.

SGT bertujuan untuk melatih kesehatan fisik dan mental secara berkelanjutan, projek dengan metode pembelajaran yang aktif dan berpusat pada peserta didik ini diharapkan menjadi perangkat yang menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaian permasalahan kesehatan mental dan fisik peserta didik serta menumbuhkan kepercayaan diri melalui kegiatan unjuk potensi sesuai minat dan talenta peserta didik.

PROJEK ini bertujuan dapat memberi kesempatan kepada pihak sekolah, guru, dan peserta didik khususnya, untuk mengerti dan menyadari pentingnya membangun jiwa dan raganya, dengan badan yang sehat dan jiwa yang kuat. Selain itu, projek dengan metode student-centered ini dapat menghasilkan banyak hal-hal positif yang berguna untuk diri mereka sendiri dan orang disekitar mereka.

Selain itu, SGT juga menjadi sarana unjuk diri sesuai talenta seni, bahasa dan keterampilan peserta didik sebagai bagian dari proses pengembangan diri. Setelah melatih talentanya, peserta didik akan menampilkan kemampuannya (gelar karya) pada acara Spensaker Got Talent setelah Penilaian Akhir Semester Ganjil. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan potensi masing-masing peserta didik.

Relevansi Projek

Kesejahteraan diri peserta didik merupakan suatu keadaan, dimana peserta didik dalam kondisi mood positif, memiliki sifat,ketahanan  dan kepuasan diri yang kuat, merasa aman disekolah dan mempunyai kesehatan mental yang baik. Kesejahteraan peserta didik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran dan perkembangan disekolah.

Alur Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bangunlah Jiwa Raganya SMP Negeri 1 Kertanegara

Maraknya stres, perundungan, merokok, dan hal-hal yang mengakibatkan penurunan hasil belajar dikalangan remaja harus dipertanyakan apakah ini adalah sebuah akibat dari kesalahan mereka sendiri atau lingkungan sekitar atau karena kesejahteraan diri tidak pernah dikenalkan dan diajarkan oleh sekolah. Sekolah sebagai institusi pendidikan sebaiknya memperhatikan dan menjaga agar peserta didik terhindar dari kelakuan-kelakuan negatif tersebut.

Mengenalkan dan mengajarkan hal-hal positif akan sangat membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan yang ada. Selain itu, memberikan pemahaman mengenai kesehatan mental, emosi yang dirasakan dan cara menanggulangi emosi yang baik dapat menghasilkan respon yang positif pada hasil pembelajaran peserta didik. Penguatan mental dan karakter adalah modal yang dapat diajarkan kepada peserta didik agar mereka kuat menghadapi tekanan mental di kemudian hari.

Perayaan & Unjuk Kerja

Unjuk kerja merupakan salah satu cara bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan dan prestasinya kepada orang lain, serta memperkenalkan diri kepada masyarakat. Selain itu, unjuk kerja juga dapat menjadi sarana bagi siswa untuk mengembangkan kepercayaan diri dan meningkatkan rasa tanggung jawab sosial.

Perayaan dan unjuk kerja merupakan bagian penting dari kehidupan sekolah, karena dapat membantu siswa untuk belajar lebih banyak tentang budaya, sejarah, dan kebiasaan di masyarakat, serta membantu mereka untuk menjadi anggota masyarakat yang aktif dan terlibat.

Flyer P5 Spensaker’s Got Talent 2022

Dalam SGT merupayakan acara perayaan dan unjuk kerja yang dilaksanakan bertepatan dengan pembagian rapor semester gasal (Sabtu, 17 Desember 2022). Oleh karena itu, Acara SGT berlangsung meriah karena ditonton oleh siswa dan orang tua siswa yang melihat sedari awal acara.

SGT berlangsung meriah. Dimulai dengan pembacaan ayat suci alquran, dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan dari kepala sekolah, Kurniah, S.Pd. sekaligus secara resmi membuka acara SGT. Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan kebanggan kepada peserta P5 yang sudah berproses sekian lama dan pada akhirnya akan dipertunjukkan kepada orang tua mereka dalam acara SGT.

Unduh Materi

Dokumentasi Kegiatan

Tonton cuplikan video:

Tunggu dokumentasi video full dan fotonya!!

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *