Juli 21, 2024

Suara Demokrasi: Pemilihan OSIS SMPN 1 Kertanegara 2023-2024

0

Pemilihan Ketua OSIS 2023

Kertanegara, 07 Oktober 2023 – SMPN 1 Kertanegara baru-baru ini menggelar pemilihan calon pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) untuk masa bakti 2023-2024 dengan tema yang mengangkat “Suara Demokrasi.” Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman siswa tentang nilai-nilai demokrasi dan peran partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan.

Tiga pasangan calon bersaing dalam pemilihan ini:

  1. Aulia Oktaviani dan Isti Rahmawati
  2. Amira Nur F dan Junier Windiyanti
  3. Andhita Nur F dan Fadhil Friyanto

Pemilihan ini memberikan siswa kesempatan untuk memilih pemimpin yang dianggap paling cocok mewakili suara mereka dalam mengelola berbagai aspek kehidupan sekolah.

Suksesnya Pelaksanaan Pemilihan OSIS

Kegiatan pemilihan OSIS berlangsung dengan sukses dan tertib. Panitia pemilihan telah mempersiapkan tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) sesuai dengan jenjang kelas, memastikan kelancaran proses pemilihan. Seluruh panitia bekerja keras untuk memastikan bahwa pemilihan berjalan dengan transparan dan adil, sehingga hasilnya dapat diakui oleh seluruh siswa.

Setelah penghitungan suara yang teliti, pasangan Andhita Nur F dan Fadhil Friyanto berhasil meraih suara terbanyak dari seluruh pemilih dan akan memimpin OSIS untuk masa bakti 2023-2024. Mereka berhasil meyakinkan pemilih dengan visi, misi, dan program kerja yang mereka tawarkan, serta komitmen mereka terhadap demokrasi di sekolah. Pasangan ini juga menekankan pentingnya transparansi dan partisipasi siswa dalam mengambil keputusan.

Kepemimpinan Andhita dan Fadhil diyakini akan membawa perubahan positif dan inovasi dalam lingkungan sekolah. Mereka berjanji untuk menjadi suara siswa dan mengadvokasi kepentingan mereka dengan sungguh-sungguh.

Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, Ibu Kurniah, S.Pd., memberikan apresiasi atas partisipasi siswa dalam pemilihan OSIS. Dia berharap Andhita Nur F dan Fadhil Friyanto, serta anggota OSIS yang lain, dapat bekerja sama dengan baik untuk memajukan sekolah dan menjalankan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab. Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan, Bapak Sapto Mulwono, S.Pd., turut memberikan ucapan selamat kepada pasangan terpilih.

Pemahaman Demokrasi dalam Lingkungan Sekolah

Pemilihan ini bukan hanya tentang pemilihan pemimpin, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran bagi siswa tentang pentingnya partisipasi dalam proses demokrasi. Siswa belajar untuk mengemukakan pendapat, mendengarkan argumen calon, dan membuat keputusan yang bijak berdasarkan pemahaman mereka tentang visi dan program kerja.

Kegiatan ini juga mengingatkan siswa bahwa demokrasi adalah nilai yang penting dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya dalam pemilihan pemimpin, tetapi juga dalam pengambilan keputusan yang lebih kecil di lingkungan sekolah. Ini mendorong siswa untuk menjadi warga yang aktif dan bertanggung jawab.

Mempertegas Peran Demokrasi

Kegiatan pemilihan ini mempertegas konsep demokrasi sebagai pondasi penting dalam sistem pemerintahan. Ini juga menciptakan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan bekerja sama dalam tim. Dengan demikian, siswa tidak hanya memilih pemimpin, tetapi juga memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin yang tangguh di masa depan.

Pemilihan ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang terlibat dalam masyarakat demokratis. Mereka belajar untuk mendengarkan, berbicara, dan bekerja sama dengan baik – keterampilan yang akan sangat berguna dalam hidup mereka di luar sekolah.

Selamat kepada pasangan terpilih, Andhita Nur F dan Fadhil Friyanto. Semoga mereka dapat mewujudkan visi dan program kerja mereka dengan baik, serta menjadikan OSIS SMPN 1 Kertanegara sebagai wadah yang efektif untuk mendengarkan suara siswa dan mewujudkan perubahan positif dalam sekolah. Semua pihak di SMPN 1 Kertanegara dapat berharap masa depan yang lebih cerah dengan kepemimpinan baru ini. Kita semua berharap agar kepemimpinan ini akan membawa perubahan positif dan inovasi yang bermanfaat bagi sekolah dan siswa.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *