April 14, 2024

Tahun Baru, Semangat Baru: SMP Negeri 1 Kertanegara Meluncurkan Gerakan Zero Plastic & Gerakan Sarapan Bersama

0

Kertanegara (02/01) – Bulan Januari sebagai awal masuk semester genap setelah beberapa hari liburan sekolah menjadi moment pelecut semangat untuk melakukan gerakan baik. Oleh karena itu, SMP Negeri 1 Kertanegara meluncurkan Gerakan Zero Plastic & Gerakan Sarapan Bersama. Peluncuran ini disosialisasikan pada upacara pertama di semester genap.

Semangat Peduli Lingkungan: Gerakan Zero Plastic

Gerakan Zero Plastic (GZP) di sekolah adalah sebuah inisiatif warga sekolah yang bertujuan mengurangi penggunaan plastik di sekolah dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan ramah lingkungan. SMP Negeri 1 Kertanegara membuat kegiatan untuk mendukung GZP, antara lain:

  1. Menyediakan tempat sampah yang terpisah untuk sampah plastik di setiap ruang. Ini akan memudahkan proses pengelolaan sampah plastik dan membantu mengurangi sampah plastik yang masuk ke lingkungan.
  2. Mendorong siswa untuk menggunakan tas-tas yang dapat digunakan ulang saat berbelanja di kantin sekolah atau mengajak mereka untuk membawa tas sendiri dari rumah.
  3. Menyediakan botol air yang dapat digunakan ulang di sekolah. Ini akan mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai.
  4. Melakukan edukasi tentang pentingnya mengurangi penggunaan plastik kepada siswa.
  5. Mendorong sekolah untuk bekerja sama dengan bisnis lokal yang mengurangi penggunaan plastik dalam kemasan produknya.
  6. Membuat Bank Sampah yang dikelola oleh Satgas Adiwiyata Sekolah.

GZP di sekolah juga dapat membantu menciptakan pola pikir yang lebih peduli terhadap lingkungan di kalangan siswa. Dengan demikian, gerakan ini dapat membantu meningkatkan kesadaran siswa tentang dampak negatif plastik terhadap lingkungan dan memberikan kesempatan untuk berperan serta dalam usaha mengurangi penggunaan plastik. Selain itu, gerakan ini juga dapat membantu mengurangi sampah plastik di lingkungan sekolah, yang dapat meningkatkan kesehatan dan kenyamanan di sekolah.

Gerakan Sarapan Bersama

Selain Gerakan Zero Sampah, pada awal semester ini juga diluncurkan Gerakan Sarapan Bersama. Gerakan ini dicanangkan untuk menunjang semangat siswa dalam belajar di sekolah.

Gerakan Sarapan Bersama merupakan kampanye yang bertujuan untuk mendorong siswa untuk sarapan bersama sebagai cara untuk meningkatkan kohesi sosial dan meningkatkan rasa kebersamaan. Beberapa keuntungan dari Gerakan Sarapan Bersama adalah meningkatkan kebiasaan makan sehat, meningkatkan komunikasi dan hubungan antar anggota masyarakat, serta meningkatkan rasa keappresiasian dan koneksi.

Kepala SMP Negeri 1 Kertanegara, Kurniah, S.Pd. menjelaskan bahwa Gerakan Sarapan Bersama tentu harus mendukung Gerakan Zero Plastic.

Kepala Sekolah menegaskan “Maka dari itu, sarapan yang dibawa ke sekolah tentu harus dibungkus dengan sesuatu yang ramah lingkungan.”

Sarapan Lezat dengan sayur

Gerakan Sarapan Bersama dilaksanakan setiap sabtu pagi sebelum pembiasaan literasi dimulai. Kurniah, S.Pd. menjelaskan “Walaupun dilaksanakan seminggu sekali, lauk sarapan tidak harus sesuatu yang mahal, yang jelas harus berisi sayuran.”

Sarapan sayur bersama di sekolah dapat memberikan beberapa manfaat bagi siswa, di antaranya:

  1. Membantu siswa memulai hari dengan energi yang cukup. Sarapan yang sehat dan bergizi akan memberikan siswa cukup energi untuk menjalani aktivitas sekolah sepanjang hari.
  2. Meningkatkan prestasi akademik siswa. Sarapan yang sehat dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan belajar dengan lebih efektif.
  3. Mempromosikan kebiasaan makan sehat. Dengan memperkenalkan sayur-sayuran dan makanan sehat lainnya pada siswa sejak dini, maka kebiasaan makan sehat tersebut dapat terus dilakukan siswa di masa yang akan datang.
  4. Meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan. Sarapan bersama di sekolah dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar siswa, sehingga tercipta suasana yang lebih harmonis di sekolah.
M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *