April 14, 2024

Menata lingkungan, Menata Hati: Kegiatan Jumat Pagi SMPN 1 Kertanegara

0

Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini terdapat dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Tujuan pendidikan nasional juga untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Fungsi dan tujuan dari pendidikan nasional dituangkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 3 yang berbunyi :“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
Dalam rangka menggapai tujuan tersebut, SMPN 1 Kertanegara melakukan beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat pagi. Pada kegiatan Jumat pagi dilakukan kegiatan motivasi kepada peserta didik, membersihkan lingkungan belajar dan sekitar, dan kegiatan dalam upaya meningkatkan iman dan takwa peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan pada pagi hari setiap Jumat sebelum peserta didik mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.

Jumat Bersih

Salah satu tujuan pendidikan tersebut adalah membentuk manusia yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan hidup demi kelangsungan hidup generasi selanjutnya. Lingkungan yang terpelihara akan menciptakan suasana yang nyaman untuk kegiatan pembelajaran.
Dalam Kurikulum Merdeka yang sekarang sudah dilaksanakan di SMPN 1 Kertanegara juga mengangkat tema lingkungan dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dalam tema Proyek Profil Pelajar Pancasila fase D, yaitu tema “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Dikutip dari website Kemdikbud, bahwa tema ini dimaksudkan untuk memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Hal yang ditekankan di sini adalah membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan serta mencari jalan keluar untuk masalah lingkungan. Untuk contoh kegiatan yang bisa dilakukan oleh peserta didik misalnya seperti kerja bakti membersihkan lingkungan ataupun penanaman pohon guna penghijauan lahan.
Dalam rangka membentuk generasi yang mencintai lingkungan dan memberikan pelatihan pada siswa, SMPN 1 Kertanegara memberikan pembiasaan kepada semua warga sekolah utamanya siswa untuk cinta lingkungan melalui kegiatan Jumat bersih. Jumat bersih dilakukan oleh warga sekolah sesuai di dalam area sekolah dan di lingkungan sekitar sekolah selama satu jam.

Jumat Takwa

Selain membersihkan lingkungan belajar, SMPN 1 Kertanegara juga melaksanakan kegiatan pembiasaan yang bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan kegiatan Jumat Takwa. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menginternalisasi nilai-nilai agama pada diri peserta didik. Harapannya peserta didik akan terbiasa berperilaku dan bersikap sesuai dengan ajaran agamanya, sehingga dapat meningkatkan iman dan taqwa serta berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *