April 22, 2024

Peringatan Isra Mi’raj, SMP Negeri 1 Kertanegara Sosialisasikan Pentingnya Shalat dan Adab bagi Siswa

0

Peringatan Isra mi'raj 1444 H (foto: Restu)

Kertanegara (17/02) – Peringatan Isra Mi’raj di SMP Negeri 1 Kertanegara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, berlangsung meriah. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa dan guru yang ada di sekolah tersebut. Dalam kegiatan tersebut, siswa mendapatkan materi dari Ustadz Muhammad Zaitun, S.Pd.I., M.MPd.

Salah satu materi yang ditekankan oleh Ustadz Muhammad Zaitun adalah mengenai pentingnya shalat sebagai tatanan hidup yang harus dipatuhi oleh setiap muslim. Ia menyampaikan bahwa shalat adalah tatanan yang penting, sebuah tatanan yang mempunyai aturan dan merupakan pedoman dalam menjalankan hidup di masyarakat dan sekolah.

Masyarakat menghargai tata krama dan sopan santun dalam pergaulan. Tata krama dan sopan santun sangat ditekankan dalam setiap interaksi antara sesama individu. Masyarakat Jawa juga mengajarkan untuk selalu mengucapkan salam dan meminta maaf ketika bersalaman.

Adab Kepada Guru Merupakan Ibadah

Untuk memperdalam pengetahuan agama, khususnya shalat, masyarakat Jawa memiliki tradisi unik yang dinamakan “ngaji“. Ngaji dilakukan di masjid atau di rumah-rumah yang dijadikan tempat belajar agama. Selain itu, masyarakat Jawa juga mengajarkan untuk menghormati waktu shalat dan mengajak seluruh keluarga untuk beribadah bersama-sama. Masyarakat Jawa memiliki tradisi membaca doa-doa tertentu sebelum dan setelah shalat. Doa-doa tersebut dikenal sebagai “dzikir”.

“Dalam budaya Jawa, menghargai para guru dan ustadz sangatlah penting. Sebagai siswa, kita harus belajar untuk patuh dan mengikuti nasihat mereka dalam menjalankan shalat dan tata krama yang baik,” tutur Ustadz Zaitun.

Dalam budaya Jawa, shalat dan tata krama memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kepribadian seseorang. Dengan menghargai tata krama dan sopan santun, seseorang dapat menjadi lebih baik dalam berinteraksi dengan sesama. Sedangkan dengan melaksanakan shalat secara khusyuk, seseorang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.

Dalam kesimpulannya, peringatan Isra Mi’raj di SMP Negeri 1 Kertanegara memberikan materi yang sangat bermanfaat bagi siswa. Ustadz Muhammad Zaitun, S.Pd.I., M.MPd. memberikan penekanan mengenai pentingnya shalat dalam kehidupan sehari-hari dan juga membahas mengenai tata krama dalam budaya Jawa. Kedua hal ini saling melengkapi dan membentuk karakter dan kepribadian yang sopan, santun, dan beriman.

Dokumentasi Kegiatan

isra-miraj-1444-Hijriyah-3
isra-miraj-1444-Hijriyah-11
isra-miraj-1444-Hijriyah-9
isra-miraj-1444-Hijriyah-14
isra-miraj-1444-Hijriyah-13
isra-miraj-1444-Hijriyah-12
isra-miraj-1444-Hijriyah-1
isra-miraj-1444-Hijriyah-10
isra-miraj-1444-Hijriyah-7
isra-miraj-1444-Hijriyah-8
isra-miraj-1444-Hijriyah-4
isra-miraj-1444-Hijriyah-6
isra-miraj-1444-Hijriyah-2
isra-miraj-1444-Hijriyah-5
previous arrow
next arrow
M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *