April 14, 2024

Upacara Hari Pahlawan SMPN 1 Kertanegara: Pesan Kepahlawanan dan Prestasi Siswa

0

SMPN 1 Kertanegara Memperingati Hari Pahlawan dengan Upacara Bendera yang Bermakna

Kertanegara, 10 November 2023 – Hari Pahlawan adalah momen penting dalam sejarah Indonesia yang diperingati dengan rasa hormat dan penghargaan terhadap pahlawan-pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa. SMPN 1 Kertanegara, sebuah sekolah yang selalu menghargai nilai-nilai kepahlawanan, tidak melewatkan kesempatan untuk merayakan hari bersejarah ini. Pada tanggal 10 November 2023, sekolah ini menggelar upacara bendera yang sangat bermakna.

Pembina upacara dalam peringatan Hari Pahlawan kali ini adalah Kepala Sekolah SMPN 1 Kertanegara, Ibu Kurniah, S.Pd. Dalam amanatnya, Ibu Kurniah dengan penuh semangat memberikan pesan tentang pahlawan yang paling dekat dengan kita, yaitu orang tua dan guru. Ibu Kurniah menekankan pentingnya guru sebagai pahlawan sehari-hari dalam membentuk karakter dan membimbing generasi muda.

“Jadilah Pahlawan di Mana Pun”

Ibu Kurniah juga mendorong seluruh hadirin untuk menjadi pahlawan di mana pun mereka berada. Pesannya adalah agar semua berperan aktif dalam menciptakan perubahan positif di lingkungan sekitar kita. Melalui tindakan kecil sehari-hari, kita dapat menjadi pahlawan dalam kehidupan kita sendiri.

Sebagai contoh, dia mengingatkan para siswa bahwa membantu teman sekelas yang kesulitan dalam pelajaran atau mendukung lingkungan yang bersih adalah tindakan sederhana yang bisa menjadikan mereka pahlawan di sekolah mereka. Pesan ini mendorong semangat siswa untuk berbuat baik dan meresapi pentingnya kebaikan di sekitar mereka.

Selama amanatnya, Ibu Kurniah juga memberikan perhatian kepada isu global. Dia mencermati kondisi negara Palestina yang masih berjuang untuk merdeka dan mengajak seluruh siswa dan staf untuk selalu mengingat dan mendukung perjuangan rakyat Palestina. Ia memberikan kalimat yang penuh makna, “Mari kita belajar dari perjuangan mereka dan bersama-sama berdiri solidaritas dengan saudara-saudara kita di Palestina dalam perjuangan mereka menuju kemerdekaan.”

Pelantikan Pengurus OSIS Baru

Selain upacara bendera, perayaan Hari Pahlawan ini juga menjadi momen pelantikan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang baru. Andhita Nur Fajrina secara resmi diambil sumpahnya sebagai Ketua OSIS SMPN 1 Kertanegara untuk masa jabatan 2023-2024.

Dalam pesan dari kepala sekolah kepada pengurus OSIS, Ibu Kurniah, S.Pd. dengan tulus dan penuh semangat mengatakan, “Kepada pengurus OSIS yang baru, saya ingin menyampaikan pesan penting. Tanggung jawab yang kini kalian emban sebagai pemimpin OSIS adalah sebuah kesempatan berharga untuk memimpin dan memengaruhi teman-teman sebaya dalam perjalanan mereka di SMPN 1 Kertanegara.

Jadilah pemimpin yang bijak, tangguh, dan selalu membawa semangat positif. Kepemimpinan bukan hanya tentang jabatan, tetapi juga tentang pengabdian, dedikasi, dan kemampuan untuk mendengarkan serta mewujudkan aspirasi teman-teman kalian. Kalian adalah panutan bagi seluruh siswa di sekolah ini, jadi tunjukkan keteladanan yang baik dalam tindakan dan perilaku kalian.

Selama masa jabatan, kalian akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan keputusan yang tidak selalu mudah. Tetapi ingatlah bahwa kalian tidak sendirian. Seluruh tim OSIS dan sekolah selalu siap mendukung kalian. Jangan ragu untuk mencari bimbingan dan berkolaborasi dengan teman-teman kalian dalam menjalankan tugas.

Ibu Kurniah, S.Pd harap masa jabatan OSIS akan membawa manfaat dan prestasi yang gemilang bagi sekolah ini. Teruslah bergerak maju dengan semangat penuh untuk memimpin, menginspirasi, dan menciptakan perubahan positif.

Prestasi dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI)

Tidak hanya itu, dalam rangkaian perayaan Hari Pahlawan, SMPN 1 Kertanegara juga memberikan penghargaan kepada siswa dan guru pembina yang telah berhasil meraih prestasi sebagai juara dalam kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kabupaten Purbalingga. Prestasi ini membawa harum nama sekolah, dan juara satu berhak mewakili kabupaten Purbalingga ke tingkat provinsi. Prestasi ini adalah bukti nyata komitmen dan kerja keras yang patut diapresiasi.

Semangat Kepahlawanan di SMPN 1 Kertanegara

Upacara peringatan Hari Pahlawan di SMPN 1 Kertanegara tahun ini bukan hanya sekadar sebuah acara rutin. Lebih dari itu, ia merupakan kesempatan untuk menginspirasi generasi muda tentang nilai-nilai kepahlawanan, pengabdian, dan perjuangan yang harus terus dijunjung tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga semangat pahlawan terus berkobar dalam diri para siswa, dan mereka dapat menjadi pahlawan di mana pun dan kapan pun diperlukan untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara.

M Ali Sofi
Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *